SINTESIS DAN KARAKTERISASI MEMBRAN KITOSAN-PEG (POLIETILEN GLIKOL) SEBAGAI ALTERNATIF PENGONTROL SISTEM PELEPASAN OBAT

Arfah Ratna Puri Gustian , 4350408016 (2013) SINTESIS DAN KARAKTERISASI MEMBRAN KITOSAN-PEG (POLIETILEN GLIKOL) SEBAGAI ALTERNATIF PENGONTROL SISTEM PELEPASAN OBAT. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (SINTESIS DAN KARAKTERISASI MEMBRAN KITOSAN-PEG (POLIETILEN GLIKOL) SEBAGAI ALTERNATIF PENGONTROL SISTEM PELEPASAN OBA) - Published Version
Download (2121Kb)

    Abstract

    Telah dilakukan penelitian mengenai pembuatan membran kitosan- PEG (Polietilen Glikol). Penelitian ini bertujuan untuk mensintesis, mengkarakterisasi dan menguji membran kitosan-PEG sebagai alternatif pengontrol sistem pelepasan obat secara in vitro. Membran kitosan divariasi komposisi massa kitosan dengan PEG, yaitu 4 : 4 (A), 5 : 4 (B), dan 6 : 4 (C). Metode pembuatan membran yang dipakai yaitu metode inversi fasa dengan teknik presipitasi pelarut pada suhu ruangan. Karakterisasi terhadap membran kitosan-PEG meliputi penentuan swelling index, koefisien partisi, koefisien rejeksi, koefisien difusi dan permeabilitas. Hasil karakterisasi menunjukkan bahwa koefisien partisi membran kitosan-PEG A : B: C terhadap albumin dalam pH 7,5 berturut-urut 14,19, 30,98, dan 18,61. Hasil uji permselektivitas menunjukkan bahwa membran B merupakan membran yang paling selektif karena memiliki koefisien rejeksi yang lebih besar dan penurunannya tidak terlalu signifikan antara jam ke 8 dan ke 12. Sementara itu, permeabilitas dan koefisien difusi membran B terhadap model obat albumin lebih kecil dibandingkan dengan membran A dan membran C sehingga membran B memiliki karakteristik lepas lambat terhadap albumin yang lebih lama. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan maka membran B (5:4) lebih cocok sebagai agen pengontrol pelepasan obat.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: sintesis, karakterisasi, Membran Kitosan- PEG
    Subjects: Q Science > QD Chemistry
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1
    Depositing User: maria perpus unnes
    Date Deposited: 06 May 2014 08:17
    Last Modified: 06 May 2014 08:17

    Actions (login required)

    View Item