PEMBUATAN PUPUK ORGANIK CAIR DARI URIN SAPI DENGAN ADITIF TETES TEBU (MOLASSES) METODE FERMENTASI


Muhammad Khoirul Huda , 4350408012 (2013) PEMBUATAN PUPUK ORGANIK CAIR DARI URIN SAPI DENGAN ADITIF TETES TEBU (MOLASSES) METODE FERMENTASI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PEMBUATAN PUPUK ORGANIK CAIR DARI URIN SAPI DENGAN ADITIF TETES TEBU (MOLASSES) METODE FERMENTASI]
Preview
PDF (PEMBUATAN PUPUK ORGANIK CAIR DARI URIN SAPI DENGAN ADITIF TETES TEBU (MOLASSES) METODE FERMENTASI) - Published Version
Download (871kB) | Preview

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang pembuatan pupuk organik cair dari urin sapi dengan aditif tetes tebu (molasses) metode fermentasi, dengan latar belakang kebutuhan masyarakat Indonesia akan pupuk yang sangat tinggi dan limbah cair peternakan sapi yang sangat tinggi maka terciptalah wacana tentang pembuatan pupuk organik cair dari urin sapi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bahwa limbah urin sapi dapat digunakan sebagai bahan pembuatan pupuk organik cair bermutu tinggi, mengetahui rasio volume tetes tebu optimal pada campuran pupuk cair fermentasi urin sapi untuk mendapatkan kualitas terbaik, dan mengetahui besar peningkatan kadar Nitrogen setelah dilakukan proses fermentasi pada tiap perlakuan variasi volume aditif tetes tebu pada urin sapi, tahap awal penelitian ini adalah pengambilan 5 liter sampel urin sapi dan pembuatan pupuk organik cair yang dilakukan dengan cara memfermentasikan 800 mL urin sapi dengan 8 mL EM-4 dengan penambahan tetes tebu dengan variasi tanpa tetes tebu, 20 mL, 40 mL, dan 60 mL,selama 7 hari 7 malam. analisis P dan K juga dilakukan sebagai standarisasi mutu pupuk organik cair, analisis Nitrogen dilakukan dengan 3 tahapan yaitu destruksi, destilasi, dan titrasi dari hasil analisis tersebut didapatkan kandungan N pada sampel A berisi 800 mL sampel urin murni, B berisi 800 mL urin sapi dengan penambahan 80 mL EM-4, C berisi 800 mL urin sapi dengan penambahan 80 ml dan 20 mL tetes tebu, D berisi 800 mL urin sapi dengan penambahan 80 mL EM-4 dan 40 mL tetes tebu dan E berisi 800 mL urin sapi dengan penambahan 80 mL EM-4 dan 60 mL tetes tebu. Dan kadar n-total yang di dapatkan masing-masing sampel adalah 0,137 %, 0,149 %, 0,303 %, 0,339 % dan 0,362 %. Dari hasil tersebut maka dapat dikatakan bahwa urin sapi dapat digunakan sebagai pupuk organik cair bermutu tinggi, rasio volume optimal tetes tebu terdapat pada sampel E, dan peningkatan kadar Nitrogen pada penelitian ini adalah sebesar 0,225 %.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Urin sapi ,fermentasi, Tetes tebu, Nitrogen
Subjects: Q Science > QD Chemistry
S Agriculture > S Agriculture (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1
Depositing User: Users 22799 not found.
Date Deposited: 06 May 2014 12:21
Last Modified: 06 May 2014 12:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19689

Actions (login required)

View Item View Item