ANALISIS KADAR N, P DAN K PADA PUPUK CAIR LIMBAH TAHU DENGAN PENAMBAHAN TANAMAN MATAHARI MEKSIKO (Thitonia diversivolia)


Mujiatul Makiyah , 4311409041 (2013) ANALISIS KADAR N, P DAN K PADA PUPUK CAIR LIMBAH TAHU DENGAN PENAMBAHAN TANAMAN MATAHARI MEKSIKO (Thitonia diversivolia). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS KADAR N, P DAN K PADA PUPUK CAIR LIMBAH TAHU DENGAN PENAMBAHAN TANAMAN MATAHARI MEKSIKO (Thitonia diversivolia)]
Preview
PDF (ANALISIS KADAR N, P DAN K PADA PUPUK CAIR LIMBAH TAHU DENGAN PENAMBAHAN TANAMAN MATAHARI MEKSIKO (Thitonia diversivolia)) - Published Version
Download (581kB) | Preview

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang pemanfaatan tanaman matahari meksiko sebagai penambahan kadar NPK pada pupuk cair limbah tahu. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kadar NPK pada pupuk cair limbah tahu, waktu optimal untuk fermentasi limbah cair tahu, dan banyaknya tanaman matahari meksiko yang ditambahkan agar diperoleh kadar NPK tertinggi. Preparasi matahari meksiko dikeringkan kemudian dihaluskan dengan blender. Pupuk induk dibuat dari fermentasi limbah cair tahu dengan waktu fermentasi 4, 8 dan 12 hari, kemudian masing-masing pupuk induk dibagi menjadi 5 bagian dan kemudian ditambahkan dengan serbuk Thitonia Diversivolia sebanyak 1, 3, 5, 7, dan 9 g. Metode yang digunakan untuk analisis N adalah metode Kjeldahl dan Spektrofotometri untuk analisis K. Pada penentuan kadar P dan K sampel didestruksi dengan larutan HNO3 dan HClO4 pekat pada suhu bertahap 100°C hingga akhirnya 300°C sampai larutan hanya tersisa 0,5 mL kemudian diencerkan dengan aquades setelah itu dianalisis dengan Spektrofotometer. Kadar N tertinggi sebesar 0,0732% didapat dari sampel fermentasi 4 hari dengan komposisi serbuk matahari meksiko 9g dan pupuk induk sebanyak 200 mL. Begitu juga dengan P dan K tertinggi yaitu 0,08406% dan 0,7189% yang didapat dari sampel fermentasi 4 hari dengan penambahan serbuk matahari meksiko sebanyak 9 g.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: tanaman matahari meksiko, limbah tahu, pupuk organik cair
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1
Depositing User: Users 22799 not found.
Date Deposited: 06 May 2014 13:11
Last Modified: 06 May 2014 13:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19664

Actions (login required)

View Item View Item