IMPLEMENTASI MEDIA GAME MAKE A MATCH BERBASIS CHEMOEDUTAINMENT (CET) BERBANTU PRAKTIKUM TIPE INVESTIGASI KELOMPOK TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS SISWA


Eka Fitriani Putri, 4301409075 (2013) IMPLEMENTASI MEDIA GAME MAKE A MATCH BERBASIS CHEMOEDUTAINMENT (CET) BERBANTU PRAKTIKUM TIPE INVESTIGASI KELOMPOK TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of IMPLEMENTASI MEDIA GAME MAKE A MATCH BERBASIS CHEMOEDUTAINMENT (CET) BERBANTU PRAKTIKUM TIPE INVESTIGASI KELOMPOK TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS SISWA]
Preview
PDF (IMPLEMENTASI MEDIA GAME MAKE A MATCH BERBASIS CHEMOEDUTAINMENT (CET) BERBANTU PRAKTIKUM TIPE INVESTIGASI KELOMPOK TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS SISWA) - Published Version
Download (7MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran kooperatif merupakan strategi belajar yang menempatkan siswa belajar dalam kelompok yang beranggotakan beberapa siswa dengan tingkat kemampuan dan latar belakang siswa yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media game Make A Match berbasis Chemo-Edutainment (CET) berbantu praktikum tipe investigasi kelompok terhadap pemahaman konsep dan keterampilan generik sains siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1, XI IPA 2, XI IPA 3, dan XI IPA 4 SMA Negeri 1 Comal. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest and postest group design. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling, diperoleh kelas eksperimen (XI IPA 4) terdiri dari 38 siswa, kelas kontrol (XI IPA 2) terdiri dari 38 siswa. Diperoleh hasil penelitian bahwa rata-rata tes pemahaman konsep kelas eksperimen sebesar 79,79, kelas kontrol sebesar 74,16. Hasil uji t menunjukkan thitung 3,08 > ttabel 1,993 untuk dk 74 dan taraf signifikan 5%. Berdasarkan analisis tersebut disimpulkan bahwa ada perbedaan signifikan antara rata-rata nilai posttest kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yaitu kelompok eksperimen lebih baik daripada kelompok kontrol. Keterampilan generik sains siswa dengan uji deskriptif menggunakan N-gain dihasilkan harga persentase N-gain keterampilan generik sains pengamatan tidak langsung 77,5%, kesadaran tentang skala 64%, bahasa simbolik 59,5%, logical frame 69%, hukum sebab akibat 61,5%, sehingga keterampilan generik sains siswa yang mudah dikembangkan dalam penelitian ini adalah pengamatan tidak langsung, kesadaran tentang skala, bahasa simbolik, logical frame, dan hukum sebab akibat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: game Make A Match, praktikum tipe investigasi kelompok, pemahaman konsep, keterampilan generik sains siswa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Users 22799 not found.
Date Deposited: 06 May 2014 13:22
Last Modified: 06 May 2014 13:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19650

Actions (login required)

View Item View Item