PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN KIMIA DENGAN STRATEGI REACT TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI MAN BABAKAN LEBAKSIU TEGAL


Akhmad Farid , 4301409071 (2013) PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN KIMIA DENGAN STRATEGI REACT TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI MAN BABAKAN LEBAKSIU TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN KIMIA DENGAN STRATEGI REACT TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI MAN BABAKAN LEBAKSIU TEGAL]
Preview
PDF (PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN KIMIA DENGAN STRATEGI REACT TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI MAN BABAKAN LEBAKSIU TEGAL) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Pada pembelajaran kimia, siswa diharapkan memperoleh aspek pemahaman konsep, penalaran, komunikasi, dan pemecahan masalah. Pada kenyataannya, masih banyak dijumpai beberapa kesulitan yang menyebabkan siswa masih sukar dalam memahami dan mendalami materi. Oleh karena itu, perlu adanya alternatif strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi dan aktivitas dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh strategi pembelajaran REACT terhadap hasil belajar kompetensi dasar kelarutan dan hasil kali kelarutan di MAN Babakan Lebaksiu Tegal. Data hasil penelitian diperoleh melalui metode tes, observasi, dan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA MAN Babakan Lebaksiu Tegal. Desain penelitian ini adalah post-test only group design. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh rata-rata hasil post test kelas eskperimen I dan eksperimen II sebesar 82,03 dan 77,07. Hasil uji perbedaan rata-rata menunjukkan bahwa rata-rata nilai post-test kelas eksperimen I lebih baik daripada kelas eksperimen II. Analisis pengaruh terhadap hasil belajar siswa diperoleh koefisien korelasi biserial (rb) sebesar 0,45 dengan koefisien determinasi (KD) 20,25%. Hasil belajar afektif dan psikomotorik kelas eksperimen I lebih baik dari kelas eksperimen II. Simpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran kimia dengan strategi REACT berpengaruh positif terhadap hasil belajar kimia siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar; Strategi REACT
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Users 22799 not found.
Date Deposited: 06 May 2014 13:32
Last Modified: 06 May 2014 13:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19649

Actions (login required)

View Item View Item