PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA MELALUI MEDIA FOTO PERISTIWA PADA PESERTA DIDIK KELAS VIIIA SMP N 5 PEKALONGAN TAHUN AJARAN 2012/2013


Zuhruf Amalia, 2101408021 (2012) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA MELALUI MEDIA FOTO PERISTIWA PADA PESERTA DIDIK KELAS VIIIA SMP N 5 PEKALONGAN TAHUN AJARAN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA MELALUI MEDIA FOTO PERISTIWA PADA PESERTA DIDIK KELAS VIIIA SMP N 5 PEKALONGAN TAHUN AJARAN 2012/2013]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA MELALUI MEDIA FOTO PERISTIWA PADA PESERTA DIDIK KELAS VIIIA SMP N 5 PEKALONGAN TAHUN AJARAN 2012/2013)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru mata pelajaran bahasa dan sastra Indonesia diketahui bahwa tingkat keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIIIA SMP Negeri 5 Pekalongan masih rendah. Hasil yang diperoleh belum mencapai KKM yang ditentukan, yaitu 70. Rendahnya keterampilan menulis teks berita disebabkan oleh dua faktor yaitu faktor dari guru dan siswa. Kegagalan lain juga disebabkan oleh pemakaian metode, teknik, dan media yang kurang tepat. Untuk mengatasi rendahnya keterampilan menulis teks berita tersebut, maka akan dilakukan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan media pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi dan prestasi siswa. Media yang digunakan yaitu media foto peristiwa. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis teks berita dan (2) bagaimanakah perubahan perilaku siswa kelas VIIIA SMP N 5 Pekalongan setelah mengikuti pembelajaran menulis teks berita melalui media foto peristiwa. Berkaitan dengan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsi peningkatan keterampilan menulis teks berita dan (2) mendeskripsi perubahan perilaku siswa kelas VIIIA SMP N 5 Pekalongan setelah mengikuti pembelajaran menulis teks berita melalui media foto peristiwa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Tiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengambilan data dilakukan dengan teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa keterampilan menulis teks berita siswa melalui media foto peristiwa. Teknik nontes berupa observasi, jurnal, wawancara, dan dokumentasi foto. Teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data pada prasiklus, siklus I dan siklus II diketahui adanya peningkatan nilai rata-rata yang diperoleh siswa dalam pembelajaran menulis teks berita. Pada prasiklus diperoleh nilai rata-rata sebesar 60,20 termasuk dalam kategori cukup. Nilai rata-rata pada siklus I sebesar 66,94 termasuk dalam kategori cukup. Pada siklus II, nilai rata-rata siswa sebesar 78,79 dan termasuk dalam kategori baik. Terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 11,85. Peningkatan keterampilan menulis teks berita diikuti dengan perubahan perilaku siswa ke arah yang positif, yaitu siswa semakin aktif dan antusias saat mengikuti pembelajaran menulis teks berita melalui media foto peristiwa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti menyarankan kepada guru bahasa dan sastra Indonesia hendaknya menggunakan media foto peristiwa sebagai ii i media pembelajaran menulis teks berita. Bagi siswa hendaknya menggunakan media foto peristiwa sebagai media untuk belajar. Media foto peristiwa dapat digunakan sebagai media pembelajaran menulis karena memiliki keunggulan yaitu dapat merangsang daya pikir dan imajinasi siswa serta memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi siswa. Bagi para peneliti lain yang menekuni bidang penelitian bahasa dan sastra Indonesia hendaknya dapat melakukan penelitian lanjutan mengenai keterampilan menulis teks berita.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis teks berita, media foto peristiwa
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 22801 not found.
Date Deposited: 06 May 2014 13:32
Last Modified: 06 May 2014 13:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19645

Actions (login required)

View Item View Item