STRATEGI PEMBELAJARAN MUSIK KOLINTANG BAGI LANSIA DI DESA NYEMOH KECAMATAN BRINGIN KABUPATEN SEMARANG


Raditya Wahyu Indariyana, 2503408074 (2013) STRATEGI PEMBELAJARAN MUSIK KOLINTANG BAGI LANSIA DI DESA NYEMOH KECAMATAN BRINGIN KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of STRATEGI PEMBELAJARAN MUSIK KOLINTANG BAGI LANSIA DI DESA NYEMOH KECAMATAN BRINGIN KABUPATEN SEMARANG]
Preview
PDF (STRATEGI PEMBELAJARAN MUSIK KOLINTANG BAGI LANSIA DI DESA NYEMOH KECAMATAN BRINGIN KABUPATEN SEMARANG)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Di Desa Nyemoh Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang terdapat kelompok belajar kolintang yang anggotanya adalah para manula (lansia). Kelompok tersebut pernah mengisi acara di dua hotel terkemuka di Salatiga yaitu Hotel Laras Asri dan Hotel Wahid, selain itu kelompok tersebut juga pernah mengiringi dance dan mengisi acara IWAPI di GPD Salatiga. Dengan anggota yang sudah mencapai lanjut usia kelompok tersebut tetap tampil atraktif, ekspresif dan menghibur. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi pembelajaran musik kolintang bagi manula (lansia) di Desa Nyemoh Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang serta apa faktor pendukung dan penghambat pembelajaran tersebut. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan menggunakan analisis data interaktif, yang dibagi dalam tiga tahap, meliputi reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan / verifikasi. Strategi yang digunakan pada pembelajaran musik kolintang di Desa Nyemoh Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang adalah strategi pembelajaran terbuka karena pengajar melibatkan peserta dalam memilih materi yang akan dipelajari dan pada proses pembelajaran ini peserta lebih aktif. Faktor pendukung pembelajaran adalah ketersedian alat, tempat, pengajar, minat, strategi yang tepat dan promosi sedangkan faktor penghambatnya adalah usia peserta yang sudah lanjut, peserta belum mengerti irama, beserta belum tertanam rasa musikal, anggota tidak tetap dan konflik internal antar peserta pembelajaran. Saran yang dapat peneliti berikan adalah sebagai berikut: agar menambahkan perbendaharaan lagu seperti lagu-lagu yang laris dimasa sekarang, pemberitahuan akord sebaiknya dipindah kebentuk catatan saja, porsi latihan dapat ditambah, meminimalisir konflik internal antar peserta, peserta sebaiknya lebih konsekuen untuk tetap mengikuti pembelajaran dan turut membantu mempromosikan serta mengajak teman-teman agar anggota kelompok ini tidak berkurang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Musik, Kolintang, Manula (Lansia)
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: Users 23382 not found.
Date Deposited: 06 May 2014 13:32
Last Modified: 06 May 2014 13:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19644

Actions (login required)

View Item View Item