STRATEGI PEMBELAJARAN DRUM PADA JUNIOR KIDS SECARA KLASIKAL DI GILANG RAMADHAN STUDIO BAND (GRSB) SEMARANG


Sugeng Apriadi, 2503408073 (2013) STRATEGI PEMBELAJARAN DRUM PADA JUNIOR KIDS SECARA KLASIKAL DI GILANG RAMADHAN STUDIO BAND (GRSB) SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of STRATEGI PEMBELAJARAN DRUM PADA JUNIOR KIDS SECARA KLASIKAL DI GILANG RAMADHAN STUDIO BAND (GRSB) SEMARANG]
Preview
PDF (STRATEGI PEMBELAJARAN DRUM PADA JUNIOR KIDS SECARA KLASIKAL DI GILANG RAMADHAN STUDIO BAND (GRSB) SEMARANG)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pemain drum profesional yang dikenal masyarakat luas pada umumnya adalah seorang yang sudah dewasa, namun pada saat ini banyak bermunculan drummer dari kalangan anak-anak yang memiliki kemampuan diatas rata-rata dalam bermain drum. Yayasan musik atau lembaga kursus musik sangat berpengaruh dalam pmbentukan skill seseorang dalam bermain drum. Permasalahan yang dikaji yaitu bagaimana strategi pembelajaran dan faktor-faktor yang menjadi kendala pembelajaran drum pada junior kids secara klasikal di GRSB Semarang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, menganalisis strategi dan faktor-faktor yang menjadi kendala dalam pembelajaran drum pada junior kids secara klasikal di GRSB Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang menguraikan mengenai strategi dan faktor yang menjadi kendala dalam pembelajaran drum pada junior kids di GRSB Semarang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan pemeriksaan keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber. Analisis data yang meliputi tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan strategi pembelajaran drum di GRSB Semarang menerapkan dua strategi, yaitu strategi yang dikembangkan oleh lembaga dan strategi yang dikembangkan oleh setiap instruktur. Strategi tersebut meliputi: (1) Pembelajaran klasikal, (2) Materi terstruktur, (3) Standar media dan sarana pembelajaran, dan (4) Evaluasi terstruktur, sedangkan strategi yang dikembangkan instruktur yaitu: (1) mengembangkan metode, dan (2) mengembangkan materi pada sesi hiburan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, penulis memberikan saran agar instruktur membagi perhatian lebih merata pada siswa karena yang dihadapi bukan privat melainkan adalah klasikal, instruktur perlu melakukan pendekatan yang lebih dalam, untuk bisa memahami siswa dalam keadaan siap mengikuti pembelajaran atau tidak, instruktur agar semakin kreatif dalam mengelola pembelajaran di kelas junior kids agar selanjutnya siswa semakin terpancing untuk kreatif pula.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Drum, Junior Kids, Klasikal
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
M Music and Books on Music > M Music
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: Users 23382 not found.
Date Deposited: 06 May 2014 13:32
Last Modified: 06 May 2014 13:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19643

Actions (login required)

View Item View Item