KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENULIS POSTER LAYANAN MASYARAKAT DENGAN POLA KOOPERATIF NUMBERED HEADS TOGETHER DAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS PADA SISWA KELAS VIII SMP


Nurul Fitri, 2101407106 (2013) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENULIS POSTER LAYANAN MASYARAKAT DENGAN POLA KOOPERATIF NUMBERED HEADS TOGETHER DAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS PADA SISWA KELAS VIII SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENULIS POSTER LAYANAN MASYARAKAT DENGAN POLA KOOPERATIF NUMBERED HEADS TOGETHER DAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS PADA SISWA KELAS VIII SMP]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENULIS POSTER LAYANAN MASYARAKAT DENGAN POLA KOOPERATIF NUMBERED HEADS TOGETHER DAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS PADA SISWA KELAS VIII SMP)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di SMP NU Suruh Kabupaten Semarang, pembelajaran menulis poster terhambat dengan keterbatasan pola, metode, ataupun teknik yang kurang variatif sehingga menimbulkan kejenuhan dan ide siswa tidak berkembang secara maksimal. Oleh sebab itu, penulis memberikan solusi berupa penerapan pola pembelajaran yang efektif. Adapun pola pembelajaran yang dipilih, yaitu pola kooperatif Numbered Heads Together (NHT) dan Student Teams Achievement Divisions (STAD). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah keefektifan pembelajaran dengan menggunakan pola kooperatif Numbered Heads Together, (2) bagaimanakah keefektifan pembelajaran dengan menggunakan pola kooperatif Student Teams Achievement Divisions, dan (3) manakah yang lebih efektif antara pembelajaran penulisan poster layanan masyarakat dengan pola kooperatif Numbered Heads Together atau Student Teams Achievement Divisions pada siswa kelas VIII SMP NU Suruh Kabupaten Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsi keefektifan pembelajaran menulis poster layanan masyarakat dengan pola kooperatif Numbered Heads Together, (2) mendeskripsi keefektifan pembelajaran menulis poster layanan masyarakat dengan pola kooperatif Student Teams Achievement Divisions, dan (3) membandingkan keefektifan pembelajaran menulis poster layanan masyarakat dengan pola kooperatif Numbered Heads Together dan Student Teams Achievement Divisions pada siswa kelas VIII SMP NU Suruh Kabupaten Semarang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Kelas VIIIA sebagai kelompok eksperimen mendapat perlakuan menggunakan pola kooperatif Numbered Heads Together, sedangkan kelas VIIIB sebagai kelompok kontrol mendapat perlakuan menggunakan pola kooperatif Student Teams Achievement Divisions. Proses pembelajaran yang dilakukan di kelompok eksperimen dan kelompok kontrol adalah tes awal (pretest), perlakuan (treatment), dan tes akhir (posttest). Pengambilan data dilakukan dengan metode tes dan nontes. Tes berupa soal uraian untuk menulis poster layanan masyarakat dan nontes berupa observasi dan dokumentasi. Temuan penelitian ini adalah menunjukkan adanya peningkatan rata-rata nilai siswa pada kelompok eksperimen 70,57 untuk tes awal menjadi 79,87 untuk tes akhir dengan peningkatan sebesar 6,18%, sedangkan pada kelompok kontrol 65,87 untuk tes awal menjadi 85,82 untuk tes akhir dengan peningkatan sebesar 13,15%. Hal tersebut menunjukkan kelompok kontrol lebih efektif 6,97% dibanding kelompok eksperimen. Berdasarkan hasil observasi, sikap siswa pada kelompok kontrol lebih baik daripada kelompok eksperimen. Siswa pada kelompok kontrol lebih perhatian dan aktif, sedangkan siswa pada kelompok eksperimen kurang perhatian dan masih ada yang mengantuk. Saran yang dapat dikemukakan bagi guru bahasa Indonesia adalah strategi penelitian ini dapat digunakan untuk pengembangan pembelajaran menulis. Bagi peneliti lain dapat menggunakan desain eksperimen untuk meneliti di bidang lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran menulis poster layanan masyarakat, Numbered Heads Together, Student Teams Achievement Divisions
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 22801 not found.
Date Deposited: 06 May 2014 17:41
Last Modified: 06 May 2014 17:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19640

Actions (login required)

View Item View Item