PENGEMBANGAN MEDIA MUSIKALISASI PUISI SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGAPRESIASI PUISI UNTUK SISWA KELAS IX SMP


Fatkhul Aziz, 2101407044 (2013) PENGEMBANGAN MEDIA MUSIKALISASI PUISI SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGAPRESIASI PUISI UNTUK SISWA KELAS IX SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA MUSIKALISASI PUISI SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGAPRESIASI PUISI UNTUK SISWA KELAS IX SMP]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA MUSIKALISASI PUISI SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGAPRESIASI PUISI UNTUK SISWA KELAS IX SMP)
Download (956kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran sastra di sekolah menengah pertama, khususnya dalam kemampuan mengapresiasi puisi merupakan salah satu kegiatan yang dapat menumbuhkan sikap kritis pada siswa. Berdasarkan hasil observasi dari guru SMP N 1 Bawang dan MTs Hasyim Asy’ari Bawang, diketahui bahwa kemampuan mengapresiasi puisi siswa SMP N 1 Bawang dan MTs Hasyim Asy’ari Bawang sangat rendah. Faktor yang menyebabkan rendahnya kemampuan mengapresiasi siswa adalah karena minat baca siswa terhadap karya sastra sangat rendah, disamping itu bahan ajar dan media pembelajaran yang digunakan oleh guru kurang menarik perhatian siswa. Berdasarkan latar belakang tersebut peneliti melakukan riset dengan memberikan angket kebutuhan tentang karakteristik media pembelajaran yang dibutuhkan oleh siswa dan guru dalam pembelajaran mengapresiasi puisi. Berdasarkan uraian tersebut, peneliti mempunyai gagasan untuk melakukan penelitian pengembangan dengan mengangkat permasalahan; 1) bagaimanakah bentuk konkret media musikalisasi puisi yang sesuai dengan kebutuhan siswa serta memenuhi syarat untuk meningkatkan kemampuan mengapresiasi puisi pada siswa SMP kelas IX? 2) Bagaimana penilaian siswa dan guru mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IX SMP serta terhadap prototipe media musikalisasi puisi? Berdasarkan permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk konkret media musikalisasi puisi yang sesuai dengan kebutuhan siswa serta memenuhi syarat untuk meningkatkan kemampuan mengapresiasi puisi pada siswa SMP kelas IX. Tujuan yang kedua adalah mengetahui penilaian siswa dan guru mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IX SMP serta terhadap prototipe media musikalisasi puisi. Penelitian ini menggunakan desain penelitian research and development, secara lebih sistematik maka urutan dalam mengembangakan program media itu dapat diutarakan sebagai berikut: (1) menganalisis kebutuhan dan karakteristik siswa, (2) merumuskan tujuan instruksional, (3) merumuskan butir-butir materi secara terperinci, (4) menulis naskah media, (5) memproduksi media, (6) mengembangkan alat pengukur keberhasilan, (7) mengadakan tes dan revisi, (8) deskripsi hasil penelitian Alat pengambilan data berupa angket, pedoman observasi, dan jurnal. Kemudian data yang diperoleh dianalisis melalui pendekatan analisi deskriptif. Hasil penelitian ini adalah prototype media musikalisasi puisi yang dapat digunakan sebagai media dalam pembelajaran mengapresiasi puisi untuk siswa SMP kelas IX. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa untuk memotivasi dan meningkatkan kemampuan siswa dalam mengapresiasi karya sastra bentuk puisi dapat diupayakan pengembangan media berbentuk musikalisasi puisi sesuai dengan kebutuhan siswa dan guru. Kemudian hasil penilain terhadap prototipe media musikalisasi puisi adalah sebagai berikut : 1) dimensi kotak pembungkus VCD musikalisasi puisi mendapatkan nilai rata-rata dari guru sebesar 79,4 dan ahli 66,7, 2) dimensi perwajahan VCD mendapatkan nilai rata-rata dari guru sebesar 79,2 dan ahli 75, 3) dimensi isi mendapatkan nilai rata-rata dari guru sebesar 77,2 dan ahli 74,8. Saran yang dapat diberikan oleh penulis adalah (1) dalam rangka penuntasan komptensi mengapresiasi karya khususnya puisi bagi siswa SMP pemula (kelas IX), hendaknya guru menyajikan materi teks puisi yang sesuai dengan tingkat kebahasaan, psikologi, dan tingkat pemahaman siswa usia SMP, (2) untuk meningkatkan kemampuan mengapresiasi puisi, selain dengan menyajikan bacaan puisi yang menarik dan mudah dipahami, hendaknya guru melaksanakan pembelajaran mengapresiasi puisi dengan diiringi media yang menarik bagi siswa, (3) perlu diadakan pengembangan terhadap media musikalisasi puisi untuk melengkapi kekurangan pada media musikalisasi puisi, (4) perlu diadakan penelitian lebih lanjut untuk menguji efektifitas media musikalisasi puisi untuk pembelajaran mengapresiasi puisi bagi siswa SMP kelas IX.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: puisi, apresiasi puisi, media musikalisasi puisi
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 22801 not found.
Date Deposited: 06 May 2014 17:41
Last Modified: 06 May 2014 17:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19638

Actions (login required)

View Item View Item