KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) DAN MODEL SINEKTIK PADA SISWA SMA


Indra Nur Hilal, 2101407034 (2013) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) DAN MODEL SINEKTIK PADA SISWA SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) DAN MODEL SINEKTIK PADA SISWA SMA]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) DAN MODEL SINEKTIK PADA SISWA SMA)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Menulis cerpen adalah menuangkan/mengisahkan satu peristiwa kehidupan yang dialami tokoh. Menuangkan ide/gagasan ke dalam bentuk cerpen bukanlah hal yang mudah karena memerlukan kreativitas. Fakta di lapangan menunjukkan model pembelajaran yang digunakan belum mampu mendekatkan siswa kepada dunia sastra. Masih ada siswa yang bahkan belum dapat menuangkan gagasannya ke dalam sebuah tulisan khususnya dalam keterampilan menulis dan kurangnya perhatian guru terhadap penerapan model pembelajaran yang efektif dan bervariasi membuat siswa cepat bosan dan kurang memperhatikan pelajaran. Oleh sebab itu, peneliti memberikan solusi berupa penerapan suatu model pembelajaran yang efektif yang mampu membuat siswa merasa senang mengikuti pembelajaran dan lebih mudah dalam mengungkapkan ide-ide atau gagasannya ketika menulis cerpen. Adapun model pembelajaran yang dipilih, yaitu model Problem Based Instruction (PBI) dan model sinektik. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana keefektifan pembelajaran menulis cerita pendek menggunakan model Problem Based Instruction (PBI)? (2) Bagaimana keefektifan pembelajaran menulis cerita pendek dengan model sinektik? (3) Lebih efektif manakah antara pembelajaran menulis cerpen dengan model Problem Based Instruction atau pembelajaran menulis cerpen dengan model sinektik pada siswa kelas X SMA? Berkaitan dengan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran menulis cerita pendek menggunakan model Problem Based Instruction, mengetahui keefektifan pembelajaran menulis cerita pendek dengan model sinektik, dan menguji keefektifan pembelajaran menulis cerpen dengan model Problem Based Instruction atau pembelajaran menulis cerpen dengan model sinektik pada siswa kelas X SMA. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X di SMA Negeri 2 Rembang Kabupaten Rembang tahun ajaran 2011/2012 dengan menggunakan metode ekperimen dengan desain penelitian control grup pretest-posttest. Skenario yang dijalankan yaitu Kelas A (X D) menjadi kelas eksperimen dengan menggunakan kelas B sebagai kelas kontrol. Dan Kelas B (X A) menjadi kelas eksperimen dengan menggunakan kelas A sebagai kelas kontrol. Kelas A diberi perlakuan menggunakan model Problem Based Instruction, sedangkan kelas B diberi perlakuan menggunakan model sinektik. Pada prinsipnya, perlakuan yang dilakukan terhadap kedua kelompok, yaitu tes awal (pretest), perlakuan (treatment), dan tes akhir (posttest). Pengambilan data dilakukan dengan metode tes dan nontes. Instrumen tes berupa menulis cerpen berdasarkan kisah pengalaman orang lain, dan instrumen nontes berupa observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan kelas yang menggunakan model sinektik dalam pembelajaran menulis cerpen berdasarkan kisah pengalaman orang lain lebih baik dibanding kelas yang menggunakan model Problem Based Instruction (PBI). Hambatan yang terjadi selama pelaksanaan pembelajaran menulis cerpen pada kelas yang menggunakan model sinektik lebih sedikit dibandingkan kelas yang menggunakan model Problem Based Instruction (PBI). Hasil pembelajaran menulis cerpen menggunakan model sinektik lebih efektif dibanding hasil pembelajaran menulis cerpen menggunakan model Problem Based Instruction (PBI). Hasil ini berdasarkan berbagai uji yang telah dilakukan pada kedua kelas tersebut. Pada kelas Problem Based Instruction (PBI) setelah dilakukan pengujian KKM, diperoleh thitung = 1.538 dan ttabel= 2,03 dengan taraf signifikansi sebesar 5%. Karena , thitung> -ttabel dan t berada di daerah penerimaan Ho maka dapat disimpulkan bahwa hasil kemampuan menulis cerita pendek setelah perlakuan lebih dari 75. Pada kelas sinketik setelah dilakukan pengujian KKM, diperoleh thitung = 8,119 dan ttabel= 2,04 dengan taraf signifikansi sebesar 5%. Karena thitung> -ttabel dan t berada di daerah penerimaan Ho maka dapat disimpulkan bahwa hasil kemampuan menulis cerita pendek setelah perlakuan lebih besar dari 75. Kemudian setelah dilakukan uji perbedaan dua rata-rata (Uji t) antara kelas sinektik dengan kelas Problem Based Instruction (PBI) diketahui hasilnya dengan nilai thitung<ttabel, yaitu 3,52 < 2,00. Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara kelas sinektik dengan kelas Problem Based Instruction (PBI). Dan model Sinektik lebih efektif digunakan dalam pembelajaran menulis cerita pendek dibandingkan model Problem Based Instruction (PBI). Berdasarkan temuan tersebut, peneliti menyarankan (1) Guru bahasa Indonesia hendaknya menerapkan model sinektik dalam pembelajaran menulis cerita pendek karena sudah diuji keefektifannya dibandingkan dengan model Problem Based Instruction (PBI), dan (2) Peneliti di bidang bahasa dan sastra Indonesia hendaknya menggunakan model pembelajaran yang lain lain untuk lebih mengembangkan kreativitas siswa dalam menulis, khususnya dalam menulis cerita pendek.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran menulis cerpen, model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI), model sinektik
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 22801 not found.
Date Deposited: 06 May 2014 17:44
Last Modified: 06 May 2014 17:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19636

Actions (login required)

View Item View Item