PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF ARGUMENTASI DENGAN TEKNIK THINK-TALK-WRITE (TTW) MELALUI MEDIA FOTO BERBASIS LINGKUNGAN SEKOLAH PADA SISWA KELAS X-3 SMA KESATRIAN 2 SEMARANG


Bagus Hanni Pradana, 2101407010 (2013) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF ARGUMENTASI DENGAN TEKNIK THINK-TALK-WRITE (TTW) MELALUI MEDIA FOTO BERBASIS LINGKUNGAN SEKOLAH PADA SISWA KELAS X-3 SMA KESATRIAN 2 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF ARGUMENTASI DENGAN TEKNIK THINK-TALK-WRITE (TTW) MELALUI MEDIA FOTO BERBASIS LINGKUNGAN SEKOLAH PADA SISWA KELAS X-3 SMA KESATRIAN 2 SEMARANG]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF ARGUMENTASI DENGAN TEKNIK THINK-TALK-WRITE (TTW) MELALUI MEDIA FOTO BERBASIS LINGKUNGAN SEKOLAH PADA SISWA KELAS X-3 SMA KESATRIAN 2 SEMARANG)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Keterampilan menulis paragraf argumentasi pada siswa X-3 SMA Kesatrian 2 Semarangmasih rendah. Rendahnya nilai siswa disebabkan minat siswa untuk menulis sangat kurang. Siswa menganggap bahwa menulis paragraf argumentasi membosankan dan sulit. Faktor lain yang mempengaruhi rendahnya keterampilan menulis paragraf argumentasi adalah guru masih menggunakan teknik pembelajaran tradisional. Pembelajaran yang digunakan oleh guru lebih menekankan pada guru sebagai subjek pembelajaran, sedangkan siswa sebagai objek pembelajaran. Rumusan dalam penelitian ini adalah: (1)bagaimana proses pembelajaran menulis paragraf argumentasi (2)bagaimana peningkatan keterampilan menulis paragraf argumentasi dan (3) bagaimana perubahan perilaku siswa kelas X-3 SMA Kesatrian 2 Semarang setelah diberi tindakan denganteknikthink-talk-write melalui media foto berbasis lingkungan sekolah Penelitian inimenggunakan desain penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Tiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menulis paragraf argumentasisiswa kelas X-3 SMA Kesatrian 2 Semarang. Penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu variabel keterampilan menulis paragraf argumentasi dan variabel teknik pembelajaranthink-talk-write melalui media foto berbasis lingkungan sekolah. Teknik dalam penelitian ini menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa produkmenulis paragraf argumentasi. Hasil nontes berupa hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi foto. Analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Proses pembelajaran menulis paragraf argumentasi dengan teknikthinktalk- writemelalui media foto berbasis lingkungansekolah melalui beberapa tahapan, yaitu pendahuluan, inti, dan penutup. Pada tahap pendahuluan, peneliti melakukan apersepsi. Tahap inti yaitu proses pembelajaran menulis paragraf argumentasi dengan teknikthink-talk-write melalui media foto berbasis lingkungan sekolah. Selanjutnya tahap penutup yaitu guru bersama siswa mengambil simpulan pembelajaran hari itu. Guru bersama siswa melakukan refleksi terhadap pembelajaran menulis paragraf argumentasi dengan teknikthinktalk- write melalui media foto berbasis lingkungan sekolah. Nilai rata-rata keterampilan menulis paragraf argumentasi pada siklus I sebesar 68,34 dalam kategori kurang. Nilai rata-rata pada siklus I belum mencapaitujuan yang diinginkan. Oleh karena itu, peneliti melakukan siklus II. Pada siklus II, nilai ratarata keterampilan menulis paragraf argumentasi meningkat sebesar 15,27 menjadi 83,61 berada dalam kategori baik. Selain itu, berdasarkan hasil nontes menunjukkan adanya perubahan perilaku siswa ke arah positif. Perubahan perilaku yang terjadi adalah siswa terlihat lebih antusias dan tertarik mengikuti pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknik pembelajaran think-talk-write melalui media foto berbasis lingkungansekolah dapat meningkatkan keterampilan menulis paragraf argumentasi pada siswa kelas X-3 SMA Kesatrian 2 Semarangdan dapat mengubah perilaku siswa ke arah yang lebih positif. Mengacu pada penelitian tersebut, peneliti menyarankan agar guru bahasa Indonesia menggunakan teknik pembelajaran think-talk-write melalui media foto berbasis lingkungansekolah dalam pembelajaran menulis paragraf argumentasi. Bagi penelitilain, disarankan agar melakukan penelitian yang lebih lanjut mengenai keterampilan menulis paragraf argumentasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: menulis paragraf argumentasi, teknikthink-talk-write, media foto berbasis lingkungan.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 22801 not found.
Date Deposited: 06 May 2014 17:41
Last Modified: 06 May 2014 17:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19635

Actions (login required)

View Item View Item