PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA MENGGUNAKAN MODEL INVESTIGASI KELOMPOK BERBASIS KONSERVASI KARAKTER DAN BUDAYA PADA SISWA KELAS VIII5 SMP TEUKU UMAR SEMARANG


Rio Anugrah R, 2101409025 (2013) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA MENGGUNAKAN MODEL INVESTIGASI KELOMPOK BERBASIS KONSERVASI KARAKTER DAN BUDAYA PADA SISWA KELAS VIII5 SMP TEUKU UMAR SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA MENGGUNAKAN MODEL INVESTIGASI KELOMPOK BERBASIS KONSERVASI KARAKTER DAN BUDAYA PADA SISWA KELAS VIII5 SMP TEUKU UMAR SEMARANG]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA MENGGUNAKAN MODEL INVESTIGASI KELOMPOK BERBASIS KONSERVASI KARAKTER DAN BUDAYA PADA SISWA KELAS VIII5 SMP TEUKU UMAR SEMARANG) - Published Version
Download (5MB) | Preview

Abstract

Keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII-5 SMP Teuku Umar Semarang masih tergolong rendah. Hal ini didapat dari data hasil wawancara dengan guru mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VIII SMP Teuku Umar. Data tersebut mengungkap nilai rata-rata yang diperoleh siswa dalam penulisan teks berita hanya sebesar 58,47, hanya 1 siswa (3,125%) saja yang mampu memenuhi nilai KKM dengan nilai ≥70. Dengan demikian siswa kelas VIII-5 SMP Teuku Umar Semarang belum mencapai batas minimum yang ditentukan. Hal ini disebabkan oleh faktor dari dalam diri siswa yang menganggap sulit pembelajaran menulis teks berita terutama memunculkan ide berita dan pembentukan struktur kalimat. Berdasarkan latar belakang di atas, permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah proses pembelajaran menulis teks berita menggunakan model investigasi kelompok berbasis konservasi karakter dan budaya, (2) bagaimanakah perubahan perilaku siswa selama mengikuti pembelajaran menulis teks berita menggunakan model investigasi kelompok berbasis konservasi karakter dan budaya, dan (3) bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis teks berita siswa setelah pembelajaran menulis teks berita menggunakan model investigasi kelompok berbasis konservasi karakter dan budaya. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mendeskripsikan proses pembelajaran menulis teks berita siswa, menjelaskan perubahan perilaku siswa kelas VIII-5 SMP Teuku Umar Semarang selama mengikuti pembelajaran menulis teks berita menggunakan model investigasi kelompok berbasis konservasi karakter dan budaya, dan menjelaskan peningkatan keterampilan menulis teks berita siswa setelah mengikuti pembelajaran menulis teks berita siswa menggunakan model investigasi kelompok berbasis konservasi karakter dan budaya. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, dengan variabel keterampilan menulis teks berita dan variabel penggunaan model investigasi kelompok berbasis konservasi karakter dan budaya. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-5 SMP Teuku Umar Semarang. Pengumpulan data dengan teknik nontes dan teknik tes. Instrumen nontes dalam penelitian ini berupa lembar observasi, lembar jurnal, lembar kuesioner, dan dokumentasi foto. Instrumen tes dalam penelitian ini berupa lembar kerja siswa. Analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian adalah proses pembelajaran menulis teks berita selama menggunakan model investigasi kelompok berbasis konservasi karakter dan budaya pada siswa kelas VIII-5 SMP Teuku Umar Semarang, proses pembelajaran menulis teks berita pada siswa kelas VIII- 5 SMP Teuku Umar Semarang selama menggunakan model investigasi kelompok berbasis konservasi karakter dan budaya, perubahan perilaku siswa kelas VIII-5 SMP Teuku Umar Semarang selama mengikuti pembelajaran menulis teks berita berbasis konservasi karakter dan budaya, dan peningkatan keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII-5 setelah pembelajaran menulis teks berita menggunakan model investigasi kelompok berbasis konservasi karakter dan budaya. Hal ini diketahui dari data lembar observasi yang menunjukkan adanya perubahan ke arah positif terhadap perilaku berkarakter dan berbudaya yang muncul dalam tiap langkah pembelajaran. Keterampilan menulis teks berita pada siswa kelas VIII-5 SMP Teuku Umar setelah mengikuti pembelajaran menulis teks berita menggunakan model investigasi kelompok berbasis konservasi karakter dan budaya sudah menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan. Nilai rata-rata kelas pada prasiklus sebesar 58,47 mengalami peningkatan sebesar 2,59 menjadi 61,06 pada siklus I. Nilai ratarata siklus II mengalami peningkatan sebesar 15,78 menjadi 76,84 pada siklus II. Simpulan dari penelitian ini adalah proses pembelajaran menulis teks berita menggunakan model investigasi kelompok pada siklus II diketahui mengalami perubahan ke arah positif dibanding dengan proses pembelajaran siklus II, penerapan model investigasi kelompok berbasis konservasi karakter dan budaya dalam pembelajaran menulis teks berita mampu mengubah perilaku berkarakter dan berbudaya siswa ke arah positif, dan meningkatkan keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII-5 SMP Teuku Umar Semarang secara signifikan. Peneliti menyarankan guru Bahasa dan Sastra Indonesia hendaknya menggunakan model investigasi kelompok berbasis konservasi karakter dan budaya dalam proses pembelajaran menulis teks berita. Kemudian, saran bagi siswa yaitu berlatih menulis teks berita dengan memperhatikan kelengkapan unsur berita, struktur berita yang tepat, ketepatan ejaan dan tanda baca, ketepatan diksi (pilihan kata), keefektifan kalimat, dan kerapian tulisan yang dapat mengatasi kesulitan belajar dalam pembelajaran menulis teks berita. Bagi kepala sekolah, Untuk mendukung proses pembelajaran, perlu adanya integrasi secara internal antara unsur pengajar, kepala sekolah serta seluruh warga sekolah untuk mengembangkan sarana dan prasarana yang memadai di sekolah. Terakhir, saran peneliti untuk peneliti lain, hendaknya melakukan penelitian lanjutan dari penelitian ini dengan menggunakan metode lain yang lebih variatif dan kreatif sehingga dapat memperkaya khazanah ilmu dan meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: menulis teks berita, model investigasi kelompok, konservasi karakter dan budaya.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 06 Dec 2013 11:51
Last Modified: 06 Dec 2013 11:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19633

Actions (login required)

View Item View Item