PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL DENGAN METODE VIDEO CRITIC PADA PESERTA DIDIK KELAS VII D SMP N 2 WELAHAN KABUPATEN JEPARA


Rokhis Rukhiyanto, 2101409022 (2013) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL DENGAN METODE VIDEO CRITIC PADA PESERTA DIDIK KELAS VII D SMP N 2 WELAHAN KABUPATEN JEPARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL DENGAN METODE VIDEO CRITIC PADA PESERTA DIDIK KELAS VII D SMP N 2 WELAHAN KABUPATEN JEPARA]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL DENGAN METODE VIDEO CRITIC PADA PESERTA DIDIK KELAS VII D SMP N 2 WELAHAN KABUPATEN JEPARA) - Published Version
Download (6MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran menulis puisi merupakan kegiatan belajar yang bersifat produktif. Berdasarkan wawancara yang pernah dilakukan dengan guru mata pelajaran bahasa Indonesia SMP N 2 Welahan Kabupaten Jepara, lemahnya keterampilan menulis puisi peserta didik ada pada proses menentukan tema, mengembangkan tema, serta dalam menentukan diksi.Selain itu, peserta didik juga kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran. Hal tersebut juga disebabkan oleh kurangnya minat peserta didik dalam mengikuti pembelajaran, terutama pembelajaran menulis puisi.Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini dimaksudkan untuk perbaikan pembelajaran keterampilan menulis puisi. Solusi yang diberikan dalam penelitian ini berkenaan dengan menulis puisi adalah dengan menggunakan media audio visual dengan metode video critic yang diharapkan dapat meningkatkan keterampilanmenulis puisi pada peserta didik kelas VII D SMP Negeri 2 Welahan Kabupaten Jepara. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah proses pembelajaran keterampilan menulis puisi menggunakan media audio visual dengan metode video critic pada peserta didik kelas VII D SMP N 2 Welahan Kabupaten Jepara, (2)bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis puisi menggunakan media audio visual dengan metode video critic pada peserta didik kelas VII D SMP N 2 Welahan, dan (3) bagaimanakah perubahan tingkah laku peserta didik kelas VII D SMP N 2 Welahan setelah mengikuti pembelajaran menulis puisi menggunakan media audio visual dengan metode video critic. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahap, yaitu tahap prasiklus, siklus I, dan siklus II dengan target rata-rata nilai kelas atau ketuntasan minimal, yaitu 72,00, serta pembobotan skor yang lebih tinggi pada aspek diksi dari aspek lainya pada pembelajaran menulis puisi. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menulis puisi peserta didik kelas kelas VII D SMP Negeri 2 Welahan Kabupaten Jepara. Variabel bebas pada penelitian ini adalah media audio visual dan metode video critic, sedangkan variabel terikatnya adalah peningkatan keterampilan menulis puisi menggunakan media audio visual dengan metode video critic. Pengumpulan data pada siklus I dan siklus II menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa keterampilan menulis puisi menggunakan media audio visual dengan metode video critic. Teknik nontes berupa pedoman observasi,pedoman jurnal, pedoman wawancara, dan dokumentasi foto. Teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data prasiklus, siklus I, dan siklus II diketahui ratarata nilai kelasyang diperoleh peserta didik dalam pembelajaran menulis puisi meningkat.Pada prasiklus, rata-rata nilai kelas yang dicapai sebesar 53,94. Pada siklus I terjadi peningkatan rata-rata nilai dari prasiklussebesar 32,44 % dengan nilai rata-rata kelas mencapai71,44. Peningkatan rata-rata nilai kelas juga terjadi pada siklus II, yaitu rata-rata nilai kelas yang dicapai sebesar 78,56atau terjadi peningkatan dari siklus I sebesar 9,96 %, sedangkan peningkatan dari prasiklus sampai tahap siklus II sebesar 45,64 %. Perilaku peserta didik juga mengalami perubahan ke arah positif selama mengikuti proses pembelajaran menulis puisi menggunakan media audio visual dengan metode video critic. Peserta didik menjadi lebih aktif dan tertarik terhadap pelajaran menulis puisi serta mengubah perilaku peserta didik ke arah yang lebih positif.. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disarankan kepada guru bahasa dan sastra Indonesia agar dapat menggunakan media audio visual dan metode video dalam pembelajaran menulis puisi. Bagi para peneliti di bidang pendidikan atau bidang lain hendaknya dapat melakukan penelitian yang serupa dengan media, teknik atau metode pembelajaran yang lain, sehingga didapatkan alternatif lain untuk pembelajaran menulis puisi

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis puisi, media audio visual, dan metode video critic.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 06 Dec 2013 11:46
Last Modified: 06 Dec 2013 11:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19632

Actions (login required)

View Item View Item