BENTUK PERTUNJUKAN GRUP KASIDAH REBANA AZ-ZAHRO DI DESA LEBAKSIU KIDUL KABUPATEN TEGAL : KAJIAN MUSIKOLOGIS


Fani Nuruz Zaman, 2503408048 (2013) BENTUK PERTUNJUKAN GRUP KASIDAH REBANA AZ-ZAHRO DI DESA LEBAKSIU KIDUL KABUPATEN TEGAL : KAJIAN MUSIKOLOGIS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of BENTUK PERTUNJUKAN GRUP KASIDAH REBANA AZ-ZAHRO DI DESA LEBAKSIU KIDUL KABUPATEN TEGAL : KAJIAN MUSIKOLOGIS]
Preview
PDF (BENTUK PERTUNJUKAN GRUP KASIDAH REBANA AZ-ZAHRO DI DESA LEBAKSIU KIDUL KABUPATEN TEGAL : KAJIAN MUSIKOLOGIS)
Download (5MB) | Preview

Abstract

Salah satu grup kasidah yang menampilkan kesenian kasidah dalam bentuk modern adalah sebuah grup kasidah di desa Lebaksiu Kidul kecamatan Lebalsiu kabupaten Tegal bernama Az-Zahro. Az-Zahro sudah sering tampil dalam acara-acara hiburan hajatan bahkan selalu mengikuti lomba kasidah tingkat kecamatan dan kabupaten. Permasalahan yang dikaji yaitu bagaimana bentuk kesenian kasidah grup Az-Zahro di desa Lebaksiu Kidul kecamatan Lebaksiu kabupaten Tegal berdasarkan kajian musikologisnya. Tujuan dari Penelitian ini adalah mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana bentuk kesenian kasidah grup Az-Zahro di desa Lebaksiu Kidul kecamatan Lebaksiu kabupaten Tegal berdasarkan kajian musikologisnya. Manfaat dari penelitian ini adalah sebagai sumbang pemikiran bagi universitas negeri semarang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dengan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data digunakan triangulasi sumber. Analisis data yang dilakukan dibagi dalam tiga tahap, meliputi reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan / verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kesenian kasidah Az-Zahro dikaji secara musikologisnya yaitu kajian dari segi unsur-unsur musik yang membentuknya terdiri dari bentuk penyajian dan bentuk komposisinya. Berdasarkan segi bentuk penyajiannya Az-Zahro memiliki urutan penyajian yang dilakukan MC, tata panggung yang digunakan adalah outdoor, tata rias yang dipakai tata rias korektif untuk keindahan , tata busana yang menarik. Tata lampu yang digunakan hanya lampu biasa pada malam hari. Tata suara yang disiapkan oleh panitia berupa mixer dan peralatan sound system lainnya serta formasi yang sudah dipersiapkan untuk menambah menarik penampilan Az-Zahro di Panggung. Berdasarkan segi bentuk komposisinya, pola ritme yang dimainkan setiap alat musik ritmisnya, ditambah dengan melodi yang dimainkan oleh keyboard dipadu dengan harmonisasi akor dan pembagian suara. Vokalis menyanyikan lagu sesuai dengan temponya baik cepat maupun sedang, sesuai pula dengan struktur bentuk lagunya, tidak lupa memainkan dinamik dari lagu serta ekspresi sesuai dengan isi syair lagu. Semua digabung menghasilkan aransemen lagu kasidah yang dapat diterima semua pendengar. Lagu yang dibawakan oleh Az-Zahro lebih bervariasi yaitu bukan hanya sholawat, lagu-lagu kasidah asli, tetapi juga lagu- lagu populer religi yang dapat dinikmati semua kalangan Berdasarkan hasil penelitian, saran yang dapat penulis berikan kepada anggota grup kasidah Az-ZAhro yaitu untuk menambah lagi kreativitas dalam berkarnya misalnya dalam hal aransemen dan referensi lagu.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pertunjukan, Grup Kasidah Rebana
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
M Music and Books on Music > M Music
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: Users 23382 not found.
Date Deposited: 06 May 2014 13:32
Last Modified: 06 May 2014 13:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19631

Actions (login required)

View Item View Item