EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BENTANG PANGAJEN MENGGUNAKAN CHEMO FLASH PLAYER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MATERI REAKSI REDOKS


Uzi Mujizatun, 4301409055 (2013) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BENTANG PANGAJEN MENGGUNAKAN CHEMO FLASH PLAYER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MATERI REAKSI REDOKS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BENTANG PANGAJEN MENGGUNAKAN CHEMO FLASH PLAYER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MATERI REAKSI REDOKS]
Preview
PDF (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BENTANG PANGAJEN MENGGUNAKAN CHEMO FLASH PLAYER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MATERI REAKSI REDOKS) - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Bentang Pangajen menggunakan Chemo Flash Player (eksperimen 1), model pembelajaran Bentang Pangajen (eksperimen 2), dan pembelajaran menggunakan Chemo Flash Player (eksperimen 3) untuk meningkatkan hasil belajar pada materi reaksi redoks. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X.6, X.7, X.8, X.9, X.10, X.11 R-SMA-BI Kesatrian 1 Semarang. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest and postest group design. Sampel diambil dengan teknik random sampling. Diperoleh kelas eksperimen 1 (X.7) terdiri dari 28 siswa, kelas eksperimen 2 (X.8) terdiri dari 27 siswa, dan kelas eksperimen 3 (X.11) terdiri dari 28 siswa. Diperoleh hasil penelitian bahwa rata-rata tes hasil belajar kelas eksperimen 1 sebesar 81,42, kelas eksperimen 2 sebesar 78,26, dan kelas eksperimen 3 sebesar 75,84. Dari hasil uji Anava, nilai pretest tidak ada perbedaan, sedangkan nilai posttest terdapat perbedaan yang signifikan sehingga dilakukan uji lanjut Scheffe yang menunjukkan adanya perbedaan rata-rata yang signifikan antara masing-masing kelas. Kemampuan afektif dan psikomotorik ketiga kelas eksperimen juga menunjukkan hasil yang baik. Simpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran pada ketiga kelas eksperimen efektif terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi redoks. Kelas eksperimen 1 adalah kelas yang paling efektif dalam meningkatkan hasil belajar kimia siswa kelas X R-SMA-BI Kesatrian 1 Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Bentang Pangajen, Media Chemo Flash Player, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Users 22799 not found.
Date Deposited: 06 May 2014 17:41
Last Modified: 06 May 2014 17:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19630

Actions (login required)

View Item View Item