PENERAPAN METODE EKSPERIMEN BERPENDEKATAN INKUIRI PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN SIKAP ILMIAH SISWA


Ariani Anggita Mawarsari , 4301409047 (2013) PENERAPAN METODE EKSPERIMEN BERPENDEKATAN INKUIRI PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN SIKAP ILMIAH SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN METODE EKSPERIMEN BERPENDEKATAN INKUIRI PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN SIKAP ILMIAH SISWA]
Preview
PDF (PENERAPAN METODE EKSPERIMEN BERPENDEKATAN INKUIRI PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN SIKAP ILMIAH SISWA) - Published Version
Download (6MB) | Preview

Abstract

Tujuan mata pelajaran sains adalah siswa dapat memperoleh pengalaman dalam penerapan metode ilmiah melalui eksperimen sehingga terlatih untuk bersikap ilmiah. Sikap ilmiah akan menjadi tolok ukur tingkat pemahaman konsep yang dimiliki siswa. Metode eksperimen berpendekatan inkuiri merupakan metode pembelajaran yang membuat siswa menemukan sendiri suatu konsep melalui data hasil eksperimen sehingga dapat meningkatkan pemahaman konsep dan sikap ilmiah siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode eksperimen berpendekatan inkuiri pada materi larutan penyangga terhadap peningkatan pemahaman konsep dan sikap ilmiah siswa. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IA semester genap Tahun ajaran 2012/2013 SMAN 7 Semarang. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling, diperoleh sampel penelitian yaitu kelas XI IA 1 sebagai kelas eksperimen dengan penerapan metode eksperimen berpendekatan inkuiri dan kelas XI IA 5 sebagai kelas kontrol dengan penerapan metode eksperimen verifikatif. Desain penelitian yang digunakan yaitu pretest-postest control group design. Uji statistika yang digunakan meliputi uji normalitas, uji kesamaan dua varians, uji perbedaan dua rata-rata, korelasi biserial, koefisien determinasi, uji t-test berpasangan, uji normalized gain, dan uji paired sample test. Hasil uji perbedaan dua rata-rata data postes diperoleh thitung (6,49) � ttabel (1,99) yang berarti pemahaman konsep kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Hasil uji t-test berpasangan satu pihak kanan diperoleh thitung (-21,79) � ttabel (1,99) yang berarti penerapan metode eksperimen berpendekatan inkuiri berpengaruh positif terhadap pemahaman konsep. Hasil uji N-gain pemahaman konsep diperoleh rata-rata N-gain kelas eksperimen sebesar 0,67 dan kelas kontrol sebesar 0,39. Hasil uji t paired diperoleh thitung (3,97) � ttabel (2,03), menunjukkan peningkatan rata-rata pemahaman konsep kelas eksperimen berbeda dengan kelas kontrol. Hasil uji Ngain tiap aspek sikap ilmiah diperoleh rerata N-gain kelas eksperimen sebesar 0,70 dan kelas kontrol sebesar 0,48. Hasil uji t paired diperoleh thitung (18,08) � ttabel (2,03), menunjukkan peningkatan rata-rata sikap ilmiah kelas eksperimen berbeda dengan kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode eksperimen berpendekatan inkuiri berpengaruh positif terhadap pemahaman konsep siswa dan dapat meningkatkan sikap siswa kelas XI IA SMAN 7 Semarang tahun ajaran 2012/2013

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Inkuiri, Metode Eksperimen, Larutan Penyangga, Pemahaman Konsep, Sikap Ilmiah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Users 22799 not found.
Date Deposited: 06 May 2014 17:44
Last Modified: 06 May 2014 17:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19629

Actions (login required)

View Item View Item