PENGARUH PENGGUNAAN MODUL CHEMISTRY MAGAZINE BERBASIS INQUIRY PADA PEMBELAJARAN KIMIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA N 1 MAGELANG
Elgaliza Karina Devi , 4301409046 (2013) PENGARUH PENGGUNAAN MODUL CHEMISTRY MAGAZINE BERBASIS INQUIRY PADA PEMBELAJARAN KIMIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA N 1 MAGELANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGARUH PENGGUNAAN MODUL CHEMISTRY MAGAZINE BERBASIS INQUIRY PADA PEMBELAJARAN KIMIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA N 1 MAGELANG)
- Published Version
Download (13MB) | Preview |
Abstract
Salah satu pengaruh perkembangan ilmu adalah kurikulum yang digunakan, yaitu Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang dalam pelaksanaannya menuntut siswa untuk mandiri. Berdasarkan hasil studi pendahuluan di kelas X SMA N 1 Magelang, sebagian besar siswa belum mencapai nilai ketuntasan yaitu 76, selain itu sumber belajar yang dimiliki siswa masih kurang. Modul Chemistry Magazine berbasis Inquiry yang digunakan dalam penelitian ini bertujuan untuk membantu siswa belajar mandiri dengan mengembangkan kemampuan berfikirnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan modul Chemistry Magazine berbasis Inquiry terhadap hasil belajar siswa ditinjau dari aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan menggunakan cluster random sampling menghasilkan siswa kelas X-7 sebagai kelas eksperimen dan X-8 sebagai kelas kontrol setelah sebelumnya dilakukan analisis data awal yang hasilnya populasi berdistribusi normal, memiliki homogenitas yang sama, dan memiliki keadaan awal yang tidak berbeda. Kedua kelas mendapatkan pembelajaran berbasis inquiry, namun hanya kelas eksperimen yang mendapat pembelajaran dengan penggunaan modul Chemistry Magazine berbasis Inquiry, sedangkan kelas kontrol hanya mendapat pembelajaran berbasis Inquiry saja. Metode dokumentasi, tes, observasi, dan angket digunakan untuk mengumpulkan data. Uji kesamaan dua varians menunjukkan bahwa varians data hasil belajar kelas eksperimen dan kontrol tidak berbeda. Pada uji perbedaan rata-rata hasil belajar diperoleh simpulan bahwa rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol dengan thitung (2,64) > ttabel (1,67). Kelas eksperimen mendapatkan rata-rata post test sebesar 84,28 sedangkan kelas kontrol sebesar 78,04. Dari hasil analisis diperoleh rb 0,513 dengan besarnya kontribusi 26,32%. Berdasarkan analisis ketuntasan belajar klasikal, kelas eksperimen telah mencapai kriteria ketuntasan belajas klasikal, sedangkan kelas kontrol belum. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modul Chemistry Magazine berbasis Inquiry dalam pembelajaran kimia materi Reaksi Oksidasi dan Reduksi berkontribusi sebesar 26,32% terhadap hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar, Inquiry based learning, modul kimia. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QD Chemistry |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1 |
Depositing User: | Users 22799 not found. |
Date Deposited: | 06 May 2014 17:44 |
Last Modified: | 06 May 2014 17:44 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19628 |
Actions (login required)
View Item |