KOMPARASI ANTARA PENGGUNAAN METODE M-TGT DAN RECIPROCAL TEACHING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 8 SEMARANG


Handyan Rozadi , 4301409041 (2013) KOMPARASI ANTARA PENGGUNAAN METODE M-TGT DAN RECIPROCAL TEACHING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 8 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KOMPARASI ANTARA PENGGUNAAN METODE M-TGT DAN RECIPROCAL TEACHING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 8 SEMARANG]
Preview
PDF (KOMPARASI ANTARA PENGGUNAAN METODE M-TGT DAN RECIPROCAL TEACHING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 8 SEMARANG) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran kimia dapat menjadi pembelajaran yang menyenangkan ketika guru dapat membuat siswa tertarik mempelajarinya. Hal ini tergatung dari kreativitas guru dalam menggunakan metode pembelajaran yang harus disesuaikan dengan materi pelajaran. Berdasarkan hasil studi pendahuluan, diperoleh rata-rata nilai ulangan harian siswa kelas XI dari tahun 2006/2007 sampai tahun 2011/2012 pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan masih kurang dari nilai kriteria ketuntasan minimal. Metode pembelajaran yang dapat diterapkan pada mata pelajaran kimia materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan ialah metode M-TGT dan metode Reciprocal Teaching. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar kimia antara siswa yang diberi metode M-TGT dan metode Reciprocal Teaching materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan di SMA Negeri 8 Semarang dan apabila ada perbedaan, hasil belajar mana yang lebih baik diantara keduanya. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 8 Semarang. Teknik sampling yang digunakan yaitu cluster random sampling, diperoleh sampel penelitian yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen I diberi metode M-TGT dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen II diberi metode Reciprocal Teaching. Penelitian dilakukan dengan memberikan materi dan jam pelajaran yang sama tetapi dengan metode pembelajaran yang berbeda dan diakhiri dengan post test. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh rata-rata nilai post test kelas eksperimen I 78,75 dengan ketuntasan klasikal 86% dan kelas eksperimen II 74,14 dengan ketuntasan klasikal 81%. Kedua kelas eksperimen berdistribusi normal dan memiliki varians yang sama, sedangkan pada uji perbedaan dua rata-rata dua pihak dihasilkan thitung (2,168) > ttabel (1,994) yang berarti ada perbedaan yang signifikan. Pada uji perbedaan dua rata-rata satu pihak kiri thitung (2,17) > ttabel (1,67) yang berarti ratarata hasil belajar kognitif kelas eksperimen I lebih baik dari kelas eksprimen II. Simpulan dari penelitian ini adalah ada perbedaan hasil belajar kimia antara siswa yang diberi metode M-TGT dengan metode Reciprocal Teaching dan hasil belajar kimia siswa yang diberi metode M-TGT lebih baik daripada hasil belajar kimia siswa yang diberi metode Reciprocal Teaching.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Komparasi, M-TGT, Reciprocal Teaching.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Users 22799 not found.
Date Deposited: 06 May 2014 17:49
Last Modified: 06 May 2014 17:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19627

Actions (login required)

View Item View Item