EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMAN 1 PEMALANG MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN


Nur Hidayah , 4301409031 (2013) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMAN 1 PEMALANG MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMAN 1 PEMALANG MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN]
Preview
PDF (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMAN 1 PEMALANG MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN) - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektif tidaknya model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) terhadap hasil belajar siswa SMAN 1 Pemalang materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Melalui telaah pustaka, diketahui bahwa model pembelajaran ini memiliki keunggulan yang dapat meningkatkan hasil belajar kimia siswa, khususnya pada materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas XI-IPA SMAN 1 Pemalang tahun ajaran 2012/2013. Melalui teknik cluster random sampling, diperoleh kelas XI-IPA 2 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional (ceramah) dan kelas XI-IPA 4 sebagai kelas eksperimen dengan pembelajaran PBI. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes berbentuk pilihan ganda, angket, observasi, dan dokumentasi.Hasil analisis data menunjukkan ketuntasan belajar klasikal untuk kelas eksperimen sebesar 87,88%, sedangkan kelas kontrol sebesar 61,76%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PBI efektif terhadap hasil belajar siswa. Hal ini terjadi karena melalui pemecahan masalah siswa akan terbiasa menemukan konsep sehingga akan memudahkan siswa dalam penguasaan terhadap materi dan pengerjaan soal materi kelarutan dan hasil kali kelarutan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Problem Based Instruction (PBI), Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Users 22799 not found.
Date Deposited: 06 May 2014 17:44
Last Modified: 06 May 2014 17:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19626

Actions (login required)

View Item View Item