EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DASAR MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA HASIL BELAJAR KIMIA


Rangga Krisma Putra, 4301409030 (2013) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DASAR MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA HASIL BELAJAR KIMIA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DASAR MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA HASIL BELAJAR KIMIA]
Preview
PDF (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DASAR MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA HASIL BELAJAR KIMIA) - Published Version
Download (7MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran dengan dominasi guru akan menyebabkan siswa tidak dapat mengkonstruksi secara aktif pengetahuannya, karena pada pembelajaran dengan cara tersebut, suasana kelas cenderung berpusat pada guru sehingga siswa menjadi pasif. Hasil belajar siswa dapat lebih efektif dengan menjadikan siswa menjadi lebih aktif dan senang dalam belajar. Pendekatan keterampilan proses dasar merupakan pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa dalam memperoleh pengetahuan. Media audio visual dapat menjadikan siswa lebih tertarik dalam kegiatan pembelajaran dengan menerapkan aplikasi dalam kehidupan. Penelitian dilakukan di kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol di SMA Negeri 1 Bae Kudus pada materi larutan asam basa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran dengan pendekatan keterampilan proses dasar menggunakan media audio visual. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes soal pilihan ganda dan instrumen nontes berupa lembar observasi. Data hasil instrumen tes, dianalisis dengan uji perbandingan nilai post test kelas eksperimen, sedangkan data hasil instrumen nontes lembar observasi dianalisis secara kualitatif dan digunakan untuk mendeskripsikan ketercapaian proses pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh bahwa rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi daripada rata-rata hasil belajar kelas kontrol. Kesimpulan ini didasarkan pada uji satu pihak kanan kedua nilai post test. Hasilnya adalah nilai thitung = 3,379 sedangkan nilai ttabel pada 5% adalah 1,994. Terlihat bahwa nilai thitung > ttabel sehingga nilai post test eksperimen lebih baik. Pembelajaran pada kelas eksperimen dan kontrol memenuhi KKM 77 dan kedua kelas juga memenuhi ketuntasan klasikal 85%, yaitu kelas eksperimen tuntas 91,67% dan kelas kontrol tuntas 86,11 %. Dalam aspek afektif dan psikomotor, rata-rata nilai hasil belajar kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan keterampilan proses dasar menggunakan media audio visual efektif pada hasil belajar kimia siswa SMA N 1 Bae Kudus materi larutan asam basa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: efektivitas, pendekatan keterampilan proses dasar, media audio visual, larutan asam basa.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Users 22799 not found.
Date Deposited: 06 May 2014 17:45
Last Modified: 06 May 2014 17:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19625

Actions (login required)

View Item View Item