ANALISIS MODEL ANTRIAN PERBAIKAN SEPEDA MOTOR DENGAN MENGGUNAKAN PROGRAM VISUAL BASIC
Dedy Purnawan, 4150408027 (2013) ANALISIS MODEL ANTRIAN PERBAIKAN SEPEDA MOTOR DENGAN MENGGUNAKAN PROGRAM VISUAL BASIC. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (ANALISIS MODEL ANTRIAN PERBAIKAN SEPEDA MOTOR DENGAN MENGGUNAKAN PROGRAM VISUAL BASIC)
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pada umumnya antrian yang cukup panjang dapat menimbulkan ketidaknyamanan para pelanggan. Oleh karena itu efisiensi waktu pelayanan merupakan hal yang menarik untuk dikaji. Permasalahan yang dikaji adalah mengenai sistem antrian perbaikan sepeda motor di Bengkel Yamaha, bagaimana distribusi model antrian dan bagaimana menganalisis model antrian. Penelitian dilakukan di Bengkel Yamaha Motor Dewi Sartika Sampangan Semarang, tepatnya di jalan Dewi Sartika Raya No 3. Penelitian dilakukan dengan mengambil data primer selama 3 hari pada hari dan waktu sibuk yang dipilih secara random yaitu pada tanggal 12 Juli pukul 09.30 s.d. 11.58, 15 Juli pukul 13.00 s.d. 15.28 dan 16 Juli pukul 10.16 s.d. 12.42. Variabel yang digunakan adalah data waktu kedatangan pelanggan dan data lama pelayanan mekanik. Hasil penelitian yang diperoleh, sistem antrian pada Bengkel Yamaha Motor menggunakan disiplin antrian FIFO dengan 5 mekanik paralel. Distribusi waktu kedatangannya adalah distribusi Poisson sedangkan distribusi waktu pelayanannya berdistribusi general (umum). Sehingga sistem antrian yang terdapat pada Bengkel Yamaha Motor mengikuti model (M/G/5//). Rata-rata waktu tunggu dalam antrian adalah 34menit 48 detik, yaitu terjadi pada tanggal 16 Juni 2012. Rata-rata pelanggan dalam antrian adalah 4 pelanggan, yaitu terjadi pada tanggal 15 dan 16 Juni 2012. Rata-rata pelanggan dalam sistem adalah 9 pelanggan, yaitu terjadi pada tanggal 15 dan 16 Juni 2012. Rata-rata waktu tunggu dalam sistem adalah 93 menit 30 detik, yaitu terjadi pada tanggal 12 Juni 2012. Agar perhitungan model antrian lebih cepat diketahui maka dapat dibuat program visual basic. Waktu tunggu dan panjang antrian berbanding lurus dengan faktor kegunaan pelayanan. Jadi semakin lama waktu tunggu pelanggan dan semakin panjang antrian maka semakin kecil pula waktu menganggur pelayan. Simpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian adalah kelima mekanik yang ada dalam perbaikan sepeda motor di Bengkel Yamaha Motor sudah cukup efektif, terbukti dari waktu tunggu yang tidak terlalu lama dan antrian yang tidak terlalu panjang. Saran yang dapat diberikan adalah agar Bengkel Yamaha Motor tetap mempertahankan sistem antrian yang sudah ada.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Antrian, Bengkel |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1 |
Depositing User: | Users 22799 not found. |
Date Deposited: | 06 May 2014 17:50 |
Last Modified: | 06 May 2014 17:50 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19616 |
Actions (login required)
View Item |