PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS PETUNJUK BAGI PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA SMP


Linda Astrini, 2101409020 (2013) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS PETUNJUK BAGI PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS PETUNJUK BAGI PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA SMP]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS PETUNJUK BAGI PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA SMP) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pengembangan kemampuan menulis petunjuk siswa SMP belum dapat dilakukan secara optimal. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk mewujudkan proses pengembangan kemampuan menulis petunjuk ini secara lebih baik. Upaya tersebut dapat dilakukan dengan cara penggunaan produk pendidikan seperti buku yang dapat menunjang pembelajaran. Pendekatan kontekstual adalah suatu pendekatan yang karakteristiknya memenuhi tujuan belajar siswa. Dengan tujuh komponen yang ada pada pendekatan kontekstual maka akan dihasilkan buku teks menulis petunjuk yang berkualitas karena dapat memotivasi siswa untuk lebih aktif dalam pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu (1) apa saja kebutuhan siswa dan guru terhadap bahan ajar menulis petunjuk dengan pendekatan kontekstual, (2) bagaimana prototipe bahan ajar menulis petunjuk dengan pendekatan kontekstual sesuai kebutuhan siswa dan guru, (3) bagaimana hasil penilaian prototipe bahan ajar menulis petunjuk dengan pendekatan kontekstual, dan (4) bagaimana bahan ajar menulis petunjuk dengan pendekatan kontekstual setelah perbaikan. Tujuan dalam penelitian ini, yaitu (1) mendeskripsi kebutuhan siswa dan guru terhadap bahan ajar menulis petunjuk dengan pendekatan kontekstual, (2) mendeskripsi prototipe bahan ajar menulis petunjuk dengan pendekatan kontekstual sesuai kebutuhan siswa dan guru, (3) mendeskripsi hasil penilaian prototipe bahan ajar menulis petunjuk dengan pendekatan kontekstual, dan (4) mendeskripsi bahan ajar menulis petunjuk dengan pendekatan kontekstual setelah perbaikan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) yang dilaksanakan dalam enam tahap penelitian, yaitu survei pendahuluan, awal pengembangan prototipe, desain produk, validasi produk, revisi desain, dan deskripsi hasil penelitian. Subjek penelitian ini adalah bahan ajar menulis petunjuk. Sumber data kebutuhan prototipe bahan ajar adalah siswa dan guru bahasa Indonesia kelas VIII SMP Negeri 1 Gandrungmangu, SMP Negeri 2 Gandrungmangu, dan SMP Nurul Huda Gandrungmangu. Sumber data validasi prototipe bahan ajar adalah guru bahasa Indonesia kelas VIII dari tiga sekolah terebut dan dosen ahli dari Universitas Negeri Semarang. Berdasarkan analisis terhadap kebutuhan bahan ajar menulis petunjuk, siswa dan guru membutuhkan bahan ajar menulis petunjuk dengan pendekatan kontekstual yang ditulis dengan lengkap dan mudah dipahami. Berdasarkan hasil analisis angket kebutuhan siswa dan guru, bahan ajar ini akan berisi 4 bab, bab I: mengenal petunjuk, bab II: hakikat menulis petunjuk, bab III: menulis petunjuk dengan bahasa yang efektif, dan bab IV: praktik menulis petunjuk. Bahan ajar ini akan dikemas dengan ukuran A5 menggunakan ukuran huruf 12. Nilai rata-rata yang diberikan oleh guru terhadap prototipe bahan ajar ini, yaitu 88,5 termasuk dalam kategori sangat baik dan dari dosen ahli sebesar 66,33 termasuk dalam kategori baik. Setelah melakukan perbaikan, maka bahan ajar ini berisi 4 bab, bab I: mengenal petunjuk, bab II: contoh dan langkah-langkah menulis petunjuk, bab III: menulis petunjuk dengan bahasa yang efektif, dan bab IV: menyunting petunjuk. Bahan ajar ini dikemas dengan ukuran A5 menggunakan ukuran huruf 11. Mengacu pada hasil penelitian tersebut, peneliti menyarankan agar guru membantu siswa dalam penggunaan bahan ajar ini agar dapat belajar menulis petunjuk dengan baik. Selain itu, para peneliti lain disarankan agar melakukan pengembangan lebih lanjut terhadap bahan ajar menulis petunjuk dengan pendekatan kontekstual untuk melengkapi kekurangan pada bahan ajar tersebut dan untuk menguji efektivitas penggunaan bahan ajar menulis petunjuk dengan pendekatan kontekstual.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: bahan ajar, menulis petunjuk, pendekatan kontekstual.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 05 Dec 2013 10:30
Last Modified: 05 Dec 2013 10:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19612

Actions (login required)

View Item View Item