Peningkatan Keterampilan Menulis Poster dengan Pendekatan Kontekstual Menggunakan Media Scrapbook Bertema Konservasi Bahasa dan Budaya Pada Siswa Kelas VIIIB SMP Negeri 2 Mertoyudan Magelang Tahun Pelajaran 2012/2013

Arum Puji Astuti, 2101409010 (2013) Peningkatan Keterampilan Menulis Poster dengan Pendekatan Kontekstual Menggunakan Media Scrapbook Bertema Konservasi Bahasa dan Budaya Pada Siswa Kelas VIIIB SMP Negeri 2 Mertoyudan Magelang Tahun Pelajaran 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Peningkatan Keterampilan Menulis Poster dengan Pendekatan Kontekstual Menggunakan Media Scrapbook Bertema Konservasi Bahasa dan Budaya Pada Siswa Kelas VIIIB SMP Negeri 2 Mertoyudan Magelang Tahun Pelajaran 2012/2013) - Published Version
Download (1850Kb)

    Abstract

    Keterampilan menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang perlu ditingkatkan karena sangat vital fungsinya sebagai sarana komunikasi nonverbal. Menulis harus dilakukan secara efektif dan efisien karena menulis merupakan kegiatan yang produktif dan ekspresif. Peningkatan keterampilan menulis perlu dilakukan dengan pendekatan yang tepat guna dan berdaya guna. Guru sebagai fasilitator berperan sangat penting untuk memilih pendekatan dan media yang sesuai dengan pembelajaran keterampilan menulis dan perkembangan kejiwaan siswa. Pembelajaran menulis poster dengan pendekatan kontekstual menggunakan media scrapbook bertema konservasi bahasa dan budaya diharapkan dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis poster. Permasalahan yang timbul dari penelitian ini adalah bagaimana peningkatan keterampilan menulis poster, bagaimana proses pembelajaran keterampilan menulis poster berlangsung, dan perubahan perilaku siswa dengan pendekatan kontekstual menggunakan media scrapbook bertema konservasi bahasa dan budaya pada siswa kelas VIIIB semester 2 SMP Negeri 2 Mertoyudan. Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis poster, mendeskripsikan proses pembelajaran keterampilan menulis poster berlangsung, dan mendeskripsikan perubahan perilaku siswa kelas VIIIB SMP Negeri 2 Mertoyudan setelah mendapatkan pembelajaran menulis poster dengan pendekatan kontekstual menggunakan media scrapbook bertema konservasi bahasa dan budaya. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menulis poster siswa kelas VIIIB SMP N 2 Mertoyudan tahun 2012/2013 sebanyak 33 siswa. Penelitian ini terdiri atas dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes. Tes berupa menulis poster sedangkan nontes berupa observasi, jurnal, wawancara, dan dokumentasi foto. Analisis data meliputi data kuantitatif dan data kualitatif. Pada proses pembelajaran keterampilan menulis poster guru juga melakukan perubahan dari siklus ke siklus untuk memperbaiki kualitas proses pembelajaran. Pada siklus pratindakan guru belum memberikan tindakan pada siswa, pada siklus I guru memberikan tindakan berupa pendekatan kontesktual dan pemanfaatan media buku tempel bertema konservasi bahasa dan budaya. Kemudian pada siklus II sebagai tindakan akhir guru memberikan hadiah kepada siswa yang berprestasi dan siswa yang mengalami perkembangan keterampilan menulis poster. Pada proses pembelajaran yang diterapkan peneliti yang bervariasi menmbuat siswa lebih mudah memahami dan mengikuti proses pembelajaran dengan baik. Hasil yang diperoleh menunjukkan keterampilan menulis siswa kelas VIIIB SMP N 2 Mertoyudan Magelang meningkat. Hasil tes pratindakan menunjukkan nilai rata-rata sebesar 66,8 dan pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 70,46. Hal ini berarti terjadi peningkatan sebesar 3,66 poin atau 5,48%. Pada siklus II diperoleh rata-rata kelas sebesar 76,43. Hal ini menunjukkan peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 5,97 poin atau sebesar 8,47%. Jadi peningkatan yang terjadi dari pratindakan sampai pada siklus II sebesar 9,63 poin atau sebesar 13,95%. Perubahan sikap dan perilaku siswa kelas VIIIB SMP N 2 Mertoyudan mengalami peningkatan ke arah yang lebih baik, yaitu perubahan dari perilaku negatif menjadi perilaku possitif. Perubahan tingkah laku siswa ini dapat dibuktikan dari hasil nontes yang berupa observasi, jurnal, wawancara, dan dokumentasi foto. Berdasarkan hasil data nontes pada siklus I masih tampak tingkah laku negatif yang cenderung pasif, berbicara dengan temannya dan kurang bersemangat. Pada siklus II tingkah laku negatif siswa tersebut semakin berkurang, mereka terlihat aktif, serius, dan bersemangat selama proses pembelajaran. Dengan demikian, pendekatan kontekstual dan pemanfaatan media buku tempel bertema konservasi bahasa dan budaya dapat meningkatkan kemampuan menulis poster. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penulis menyarankan kepada guru bahasa dan sastra Indonesia agar dapat menggunakan pendekatan kontekstual dan memanfaatkan media scrapbook bertema konservasi bahasa dan budaya dalam pembelajaran keterampilan menulis poster. Selain itu, siswa hendaknya aktif mengikuti pembelajaran dan selalu berlatih menulis poster agar kemampuan menulis mereka semakin meningkat. Bagi pembaca yang menekuni bidang bahasa dan sastra Indonesia diharapkan dapat melakukan pengembangan media scrapbook atau buku tempel agar dapat membantu meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis poster.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis, poster, pendekatan konstekstual, media scrapbook.
    Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 05 Dec 2013 05:16
    Last Modified: 05 Dec 2013 05:16

    Actions (login required)

    View Item