PENGEMBANGAN MATERI PEMBELAJARAN MENYIMAK INFORMASI BERMUATAN KEARIFAN LOKAL PADA SISWA SMP
Toni Taprianto, 2101409001 (2013) PENGEMBANGAN MATERI PEMBELAJARAN MENYIMAK INFORMASI BERMUATAN KEARIFAN LOKAL PADA SISWA SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGEMBANGAN MATERI PEMBELAJARAN MENYIMAK INFORMASI BERMUATAN KEARIFAN LOKAL PADA SISWA SMP)
- Published Version
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Keterampilan menyimak merupakan dasar seseorang dalam menguasai keterampilan berbahasa lainnya. Keterampilan berpikir siswa dapat terwujud dengan adanya latihan yang terstruktur dan adanya materi yang dapat menunjang dalam proses menyimak. Materi yang lengkap dan menarik untuk membelajarkan menyimak informasi melalui tuturan langsung agar siswa memahami secara utuh materi yang disampaikan oleh guru. Materi ajar dalam bentuk cetak dan CD memungkinkan materi pembelajaran dapat dipahami secara utuh oleh siswa dan dibelajarkan secara optimal oleh guru. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah (1) kebutuhan, (2) prinsip, (3) prototipe, dan (4) hasil validasi dari guru dan ahli terhadap prototipe materi pengembangan menyimak informasi bermuatan kearifan lokal pada siswa SMP. Adapun tujuan penelitian ini meliputi; (1) mengetahui analisis kebutuhan, (2) mengetahui prinsip pengembangan, (3) membuat prototipe, dan (4) melakukan uji validasi dari guru dan ahli terhadap prototipe materi pengembangan menyimak informasi bermuatan kearifan lokal pada siswa SMP. Penelitian ini menggunakan pendekatan research and development (R&D). Instrumen penelitian meliputi angket dan lembar uji validasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 1 Subah dan SMP Negeri 3 Bumiayu yang tiap-tiap sekolah berjumlah 30 siswa. Hasil penilaian yang diberikan oleh guru dan ahli, dapat disimpulkan sebagai berikut: (a) untuk materi cetak diperoleh penilaian; 1) dimensi isi materi cetak dari dosen ahli sebesar 3 dan dari guru sebesar 4; 2) dimensi penyajian materi cetak dari dosen ahli sebesar 3 dan dari guru sebesar 4; 3) dimensi bahasa dan keterbacaan materi cetak diperoleh nilai dari dosen ahli sebesar 3 dan dari guru sebesar 4; 4) dimensi kegrafikaan dalam materi cetak diperoleh nilai dari dosen ahli sebesar 2 dan dari guru sebesar 4. (b) untuk materi pembelajaran CD diperoleh penilaian; 1) dimensi perwajahan kotak pembungkus CD dan label CD pembelajaran, nilai yang diperoleh dari dosen ahli sebesar 3 dan dari guru sebesar 4, 2) dimensi isi CD pembelajaran diperoleh nilai dari dosen ahli sebesar 3 dan dari guru sebesar 4. Saran yang direkomendasikan peneliti adalah guru bahasa Indonesia hendaknya, a) menggunakan materi ajar interaktif dalam pembelajaran menyimak informasi, karena media ini mampu membuat siswa menjadi aktif, kreatif, dan menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan; b) mengembangkan model pembelajaran yang sesuai dan dapat meningkatkan kemampuan belajar siswa serta menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dengan menggunakan materi ajar menyimak informasi. Peneliti hendaknya, melakukan penelitian lanjutan guna menemukan pengembangan materi pembelajaran menyimak informasi yang memiliki keefektifan apabila diimplementasikan
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | materi ajar, kearifan lokal, menyimak informasi. |
Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 05 Dec 2013 10:11 |
Last Modified: | 05 Dec 2013 10:11 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19609 |
Actions (login required)
View Item |