PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA CERPEN DENGAN METODE P2R DAN MODEL BERPIKIR-BERPASANGAN-BERBAGI PADA SISWA KELAS IX-F SMP NEGERI 2 KUDUS

Apik Ilma Annisa, 2101408023 (2013) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA CERPEN DENGAN METODE P2R DAN MODEL BERPIKIR-BERPASANGAN-BERBAGI PADA SISWA KELAS IX-F SMP NEGERI 2 KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA CERPEN DENGAN METODE P2R DAN MODEL BERPIKIR-BERPASANGAN-BERBAGI PADA SISWA KELAS IX-F SMP NEGERI 2 KUDUS) - Published Version
Download (2541Kb)

    Abstract

    Keterampilan membaca cerpen siswa kelas IX-F SMP N 2 Kudus masih rendah. Hal tersebut disebabkan siswa merasa kesulitan dalam menceritakan kembali isi cerpen, siswa masih tidak menceritakan kembali hal-hal penting dalam cerpen dan menemukan unsur-unsur intrinsik dalam cerpen. Hal ini disebabkan penggunaan pendekatan dan media pembelajaran kurang menarik dan membosankan. Selain itu, guru belum secara intensif untuk membimbing siswa dalam pembelajaran membaca cerpen. Terkadang guru memberikan materi pelajaran dengan metode ceramah dan tanya jawab saja sehingga membuat siswa merasa bosan dan kurang tertarik. Selain itu membuat siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Rumusan masalah penelitian ini (1) proses pembelajaran membaca cerpen pada siswa kelas IX-F SMP Negeri 2 Kudus dengan menggunakan metode P2R melalui model berpikir-berpasangan-berbagi, (2) berapa besaran peningkatan keterampilan membaca cerpen pada siswa kelas IX-F SMP N 2 Kudus setelah mendapatkan pembelajaran membaca cerpen dengan menggunakan metode P2R dan model berpikir-berpasangan-berbagi, dan (3) bagaiamanakah perubahan perilaku siswa kelas IX-F SMP Negeri 2 Kudus dalam mengikuti pembelajaran membaca cerpen dengan menggunakan metode P2R melalui model berpikirberpasangan- berbagi. Tujuan penelitian tindakan kelas ini yaitu (1) mendeskripsikan proses pembelajaran membaca cerpen pada siswa kelas IX-F SMP Negeri 2 Kudus dengan menggunakan teknik P2R melalui model berpikirberpasangan- berbagi, (2) mendeskripsikan peningkatan keterampilan pembelajaran membaca cerpen pada siswa kelas IX-F SMP Negeri 2 Kudus dengan menggunakan teknik P2R melalui model berpikir-berpasangan-berbagi, dan (3) mendeskripsikan perubahan perilaku siswa kelas IX-F SMP Negeri 2 Kudus dalam mengikuti pembelajaran membaca cerpen dengan menggunakan teknik P2R melalui model berpikir-berpasangan-berbagi. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Tiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah keterampilan membaca cerpen siswa kelas IX-F SMP N 2 Kudus. Sumber data yang digunakan adalah siswa kelas IX-F SMP N 2 Kudus dengan jumlah 26 siswa terdiri atas 14 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel yaitu, keterampilan membaca cerpen dan variabel metode P2R dan model berpikir-berpasangan-berbagi. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Tes dilaksanakan dalam bentuk tes unjuk kerja, sedangkan teknik nontes diterapkan melalui observasi, jurnal guru dan siswa, wawancara, dan dokumentasi foto. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis secara kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, terjadi peningkatan keterampilan membaca pada siswa kelas IX-F SMP N 2 Kudus setelah mengikuti pembelajaran yang menggunakan metode P2R dan model berpikir-berpasangan-berbabagi. Pada siklus I nilai rata-rata siswa sebesar 68,15 dalam kategori cukup. Nilai rata-rata pada siklus I belum mencapai batas ketuntasan yang telah ditetapkan oleh peneliti sehingga dilakukan siklus II. Setelah dilaksanakan tindakan siklus II, nilai ratarata siswa mengalami peningkatan sebesar 15,67 atau sebesar 23% menjadi sebesar 83,82 dan berada dalam kategori baik. Perilaku siswa kelas IX-F SMP Negeri 2 Kudus dalam pembelajaran membaca cerpen dengan metode P2R dan model berpikir-berpasangan-berbagi mengalami perubahan ke arah positif. Perubahan perilaku tersebut dapat dilihat dari data nontes yang terdiri atas observasi, jurnal siswa, jurnal guru, wawancara dengan siswa, dan dokumentasi foto. Berdasarkan data hasil nontes siklus I mereka masih belum serius dalam menulis puisi, pada tahap revisi siswa belum aktif dalam pembelajaran, dan masih belum percaya diri menunjukkan hasil karyanya. Pada siklus II siswa mengalami perubahan ke arah yang lebih positif. Siswa menjadi serius dalam membaca cerpen, siswa aktif dalam pembelajaran, percaya diri dalam memaparkan hasil pekerjaannya. Berdasarkan penelitian ini, peneliti menyarankan kepada guru bahasa dan sastra Indonesia agar menggunakan atau metode P2R dan model berpikirberpasangan- berbagi dalam pembelajaran membaca cerpen. Penerapan tersebut sebaiknya disesuaikan dengan dengan kondisi siswa, kondisi lingkungan sekolah, serta kondisi lingkungan masyarakat sekitar sehingga hasil yang diperoleh bermanfaat secara maksimal. Para peneliti di bidang bahasa dan sastra Indonesia hendaknya melakukan penelitian lebih lanjut mengenai keterampilan membaca cerpen.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: keterampilan membaca cerpen, metode P2R dan model berpikirberpasangan-berbagi.
    Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 05 Dec 2013 04:59
    Last Modified: 05 Dec 2013 04:59

    Actions (login required)

    View Item