PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK KOREKSI SECARA LANGSUNG SISWA KELAS VIII B SMP NEGERI 5 SRAGI KABUPATEN PEKALONGAN


Neo Fajar Rokko Kurniawan, 2101406580 (2013) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK KOREKSI SECARA LANGSUNG SISWA KELAS VIII B SMP NEGERI 5 SRAGI KABUPATEN PEKALONGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK KOREKSI SECARA LANGSUNG SISWA KELAS VIII B SMP NEGERI 5 SRAGI KABUPATEN PEKALONGAN]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK KOREKSI SECARA LANGSUNG SISWA KELAS VIII B SMP NEGERI 5 SRAGI KABUPATEN PEKALONGAN) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Keterampilan menulis puisi merupakan salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh siswa SMP. Keterampilan menulis puisi siswa SMP Negeri 5 Sragi kelas VIII B belum dapat dikatakan baik secara keseluruhan. Keterampilan menulis puisi siswa masih rendah terutama dalam hal perlambangan dan pilihan kata. Nilai ketuntasan minimal yang ada belum mencapai 70. Hal ini dilatarbelakangi oleh teknik pembelajaran yang kurang menarik karena pembelajaran yang masih konvensional sehingga terkesan menjenuhkan, kurangnya penerapan dalam pembelajaran yang menarik bagi siswa, dan kurangnya motivasi siswa dalam menulis puisi karena adanya anggapan siswa mengenai pembelajaran menulis puisi sangat sulit. Oleh karena itu, untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII B SMP Negeri 5 Sragi dapat menggunakan teknik koreksi secara langsung. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana proses pembelajaran menulis puisi siswa kelas VIIIB SMP Negeri 5 Sragi setelah mengikuti pembelajaran menulis puisi melalui teknik koreksi secara langsung; (2) bagaimana peningkatan kemampuan menulis puisi siswa kelas VIIIB SMP Negeri 5 Sragi setelah mengikuti pembelajaran menulis puisi melalui teknik koreksi secara langsung; (3) bagaimana perubahan sikap atau perilaku siswa kelas VIIIB SMP Negeri 5 Sragi setelah mengikuti pembelajaran menulis puisi melalui teknik koreksi secara langsung. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan proses pembelajaran menulis puisi siswa kelas VIIIB SMP Negeri 5 Sragi Pekalongan setelah mengikuti pembelajaran menulis puisi dengan teknik koreksi secara langsung; (2) mendiskripsikan adanya peningkatan kemampuan menulis puisi siswa kelas VIIIB SMP Negeri 5 Sragi Pekalongan setelah mengikuti pembelajaran menulis puisi dengan teknik koreksi secara langsung; (3) mendeskripsikan adanya perubahan perilaku siswa kelas VIIIB SMP Negeri 5 Sragi Pekalongan setelah mengikuti pembelajaran menulis puisi dengan teknik koreksi secara langsung. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua tahap yaitu siklus I dan siklus II. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menulis puisi dengan menggunakan teknik koreksi secara langsung. Penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu keterampilan menulis puisi dan penggunaan teknik koreksi secara langsung. Teknik dalam penelitian ini menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa hasil tes keterampilan menulis puisi siswa. Hasil nontes berupa hasil observasi, jurnal, wawancara, dan dokumentasi foto. Teknik penggambilan data pada siklus I dan siklus II menggunakan teknik kuantitatif untuk hasil tes menulis puisi dan hasil nontes menggunakan teknik kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menulis puisi dengan menggunakan teknik koreksi secara langsung siswa kelas VIIIB SMP Negeri 5 Sragi Pekalongan. Nilai rata-rata kelas pada prasiklus mencapai 52,75 atau kategori kurang dan meningkat pada siklus I mencapai 65,44 atau kategori cukup dan meningkat pada siklus II mencapai 80,86 atau kategori baik. Pada prasiklus ke siklus I meningkat sebesar 12,69 , sedangkan dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 15,42. Peningkatan keterampilan menulis puisi ini juga diikuti dengan perubahan perilaku siswa dari tingkah laku negatif ke tingkah laku positif. Pada siklus II kondisi kelas sudah dapat dikendalikan dan lebih kondusif, siswa yang kurang termotivasi lebih bersemangat dalam pembelajaran menulis puisi siklus II, dan tampak serius dan percaya diri serta antusias mengikuti pembelajaran menulis puisi. Berdasarkan hasil penelitian, simpulan yang dapat diambil adalah keterampilan menulis puisi siswa kelas VIIIB SMP Negeri 5 Sragi Pekalongan mengalami peningkatan dan perubahan tingkah laku yang positif setelah mengikuti proses pembelajaran melalui teknik koreksi secara langsung. Berdasarkan hasil tersebut peneliti menyampaikan hasil kepada guru terutama guru yang mengampu mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia SMP Negeri 5 Sragi Pekalongan untuk menggunakan teknik koreksi secara langsung sebagai alternatif teknik pembelajaran menulis puisi. Bagi peneliti, disarankan agar melakukan penelitian lebih lanjut mengenai keterampilan menulis puisi dengan teknik dan model pembelajaran yang berbeda dan lebih menarik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis puisi, teknik koreksi secara langsung.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 05 Dec 2013 09:54
Last Modified: 05 Dec 2013 09:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19605

Actions (login required)

View Item View Item