PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK MENGGUNAKAN MEDIA FEATURE PADA SISWA KELAS X-5 SMA NEGERI 1 KARANGKOBAR BANJARNEGARA


Rosiyadi Yudha Timur, 2101406052 (2013) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK MENGGUNAKAN MEDIA FEATURE PADA SISWA KELAS X-5 SMA NEGERI 1 KARANGKOBAR BANJARNEGARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK MENGGUNAKAN MEDIA FEATURE PADA SISWA KELAS X-5 SMA NEGERI 1 KARANGKOBAR BANJARNEGARA]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK MENGGUNAKAN MEDIA FEATURE PADA SISWA KELAS X-5 SMA NEGERI 1 KARANGKOBAR BANJARNEGARA) - Published Version
Download (7MB) | Preview

Abstract

Keterampilan menulis cerita pendek siswa kelas X-5 SMA Negeri 1 Karangkobar Banjarnegara masih rendah. Hal ini disebabkan karena dalam pembelajarannya guru bahasa Indonesia belum melakukan variasi pembelajaran dengan menggunakan media. Penggunaan media feature diharapkan dapat meningkatkan keterampilan menulis cerita pendek siswa. Berdasarkan dari penemuan tersebut penelitian ini ingin mengetahui (1) bagaimana peningkatan keterampilan menulis cerita pendek menggunakan media feature pada siswa kelas X-5 SMA Negeri 1 Karangkobar Banjarnegara, dan (2) bagaimana perubahan perilaku siswa kelas X-5 SMA Negeri 1 Karangkobar Banjarnegara dalam pembelajaran menulis cerita pendek menggunakan media feature. Adapun tujuan dari penelitian ini (1) mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis cerita pendek pada siswa SMA Negeri 1 Karangkobar Banjarnegara kelas X-5 menggunakan media feature, dan (2) mendeskripsikan perubahan perilaku siswa SMA Negeri 1 Karangkobar Banjarnegara kelas X-5 dalam pembelajaran keterampilan menulis cerita pendek menggunakan media feature. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK). Pelaksanaannya dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Data penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik tes dan non-tes. Teknik tes untuk memperoleh data keterampilan menulis cerita pendek. Teknik non-tes digunakan untuk mengetahui perubahan perilaku siswa. Teknik non-tes terdiri dari hasil: observasi, jurnal, dan wawancara. Berdasarkan analisis data penelitian, dapat diketahui bahwa hasil tes keterampilan menulis cerpen siswa kelas X-5 SMA Negeri 1 Karangkobar Banjarnegara meningkat pada setiap siklusnya. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I nilai rata-rata kelas yang diperoleh siswa sebesar 70,33, dan pada siklus II meningkat sebesar 12,64% menjadi 79,22. Peningkatan keterampilan menulis cerpen pada tiap siklus diikuti dengan perubahan perilaku siswa ke arah positif. Hal tersebut terlihat pada keaktifan siswa dan keantusiasan siswa dalam mengikuti pembelajaran setelah digunakan media feature dalam pembelajaran menulis cerpen. Siswa merasa senang dan tertarik dalam mengikuti pembelajaran menulis cerpen menggunakan media feature. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa keterampilan menulis cerpen siswa kelas X-5 SMA Negeri 1 Karangkobar Banjarnegara mengalami peningkatan setelah dilakukan pembelajaran menulis cerpen menggunakan media feature. Selain itu, perilaku siswa juga berubah ke arah yang lebih positif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media feature, keterampilan menulis, cerita pendek
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 05 Dec 2013 09:49
Last Modified: 05 Dec 2013 09:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19603

Actions (login required)

View Item View Item