PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE BERBANTUAN MODUL SMART INTERAKTIF TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMA MATERI POKOK HIDROKARBON


Muhammad Luqmanul Hakim, 4301406018 (2013) PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE BERBANTUAN MODUL SMART INTERAKTIF TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMA MATERI POKOK HIDROKARBON. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE BERBANTUAN MODUL SMART INTERAKTIF TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMA MATERI POKOK HIDROKARBON]
Preview
PDF (PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE BERBANTUAN MODUL SMART INTERAKTIF TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMA MATERI POKOK HIDROKARBON) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran kimia sesuai dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) menuntut guru untuk mampu mengelola pembelajaran secara optimal dalam mengembangkan kegiatan pembelajaran dengan berbagai metode pembelajaran. Learning Cycle merupakan metode pembelajaran yang menjadikan penahapan berpikir sebagai pokok dalam proses pemahaman materi. Metode ini dengan berbantuan Modul Smart Interaktif diharapkan dapat meningkatkan pemahaman konsep terhadap materi pembelajaran kimia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh metode pembelajaran Learning Cycle berbantuan modul smart interaktif terhadap pemahaman konsep siswa pada materi hidrokarbon. Objek penelitian ini adalah siswa kelas X di SMA IT Ikhsanul Fikri Magelang. Metode penelitian yang digunakan adalah postest design. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan secara keseluruhan dinyatakan bahwa metode penelitian Learning Cycle berbantuan modul smart interaktif berpengaruh kurang signifikan dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas X SMA IT Ihsanul Fikri Magelang yaitu sebesar 1%, dengan ketuntasan kelas eksperimen lebih tinggi dibanding kelas kontrol yaitu 26% berbanding 19%. Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut pada materi lain untuk mengetahui efektifitasnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Learning Cycle, Modul Smart Interaktif, Pemahaman Konsep.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Users 22799 not found.
Date Deposited: 06 May 2014 17:55
Last Modified: 06 May 2014 17:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19602

Actions (login required)

View Item View Item