PENGGUNAAN AUDIO VISUAL UNTUKMENINGKATKAN HASIL BELAJARMUSIK REBANASANTRI PONPES DURROTU ASWAJALL DUKUH BANARAN KELURAHAN SEKARAN KECAMATAN GUNUNGPATI

Agung Wicaksono, 2503408034 (2013) PENGGUNAAN AUDIO VISUAL UNTUKMENINGKATKAN HASIL BELAJARMUSIK REBANASANTRI PONPES DURROTU ASWAJALL DUKUH BANARAN KELURAHAN SEKARAN KECAMATAN GUNUNGPATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENGGUNAAN AUDIO VISUAL UNTUKMENINGKATKAN HASIL BELAJARMUSIK REBANASANTRI PONPES DURROTU ASWAJALL DUKUH BANARAN KELURAHAN SEKARAN KECAMATAN GUNUN)
Download (5Mb)

    Abstract

    Upaya dalam mencari media pembelajaran yang baik dalam pendidikan adalah salah satu usaha untuk mencapai tujuan pendidikan. Salah satu media yang digunakan dalam pembelajaran adalah media Audio Visual. Maka dalam penelitian skripsi ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan media audio visual digunakan untuk meningkatkan hasil belajar musik rebana yang digunakan sebagai bahan belajar mandiri siswa. Sehingga pada penelitian skripsi ini memiliki masalah yaitu apakah media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar musik rebana. Dalam pelaksanaannya penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas selama 2 siklus dengan tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Lokasi di Ponpes Durrotu Aswaja dukuh Banaran kelurahan Sekaran kecamatan Gunungpati Semarang sebagai salah satu lembaga pendidikan yang masih mempertahankan kesenian tradisional rebana dilaksanakan pada 18 santri putra yang terbagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol serta sasarannya adalah penerapan penggunaan media audio visual dalam pembelajaran musik rebana. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes praktik, dokumentasi, observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan peningkatan hasil belajar antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dari siklus I dan siklus II. Pada siklus I didapatkan peningkatan hasil belajar dari pratindakan kelompok eksperimen sebesar 29,88 poin sedangkan kelompok kontrol sebesar 20,33 poin atau 9,55 poin lebih kecil dibandingkan kelompok eksperimen. Pada siklus II didapatkan peningkatan hasil belajar dari siklus I kelompok eksperimen sebesar 18,56 poin sedangkan kelompok kontrol sebesar 13,34 poin atau 5,22 poin lebih kecil dibandingkan kelompok eksperimen. Simpulan penelitian ini adalah bahwa hasil belajar musik rebana pada santri ponpes Durrotu Aswaja menggunakan media audio visual lebih baik dibandingkan hasil belajar tanpa menggunakan media audio visual. Saran yang peneliti sampaikan dari hasil penelitian ini adalah bagi guru atau pelatih hendaknya memberikan variasi-variasi dalam pelatihan musik rebana diantaranya dengan menggunakan media audio visual sebagai bahan belajar secara mandiri maupun sebagai media bantu dalam menyampaikan materi untuk lebih meningkatkan minat dan ketertarikan siswa dalam mempelajari musik rebana sebagai musik tradisional.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: media audio visual, hasil belajar, musik rebana.
    Subjects: L Education > L Education (General)
    M Music and Books on Music > M Music
    N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
    Fakultas: UNSPECIFIED
    Depositing User: dina perpustakaan
    Date Deposited: 06 May 2014 13:50
    Last Modified: 06 May 2014 13:50

    Actions (login required)

    View Item