KESENIAN TRADISIONAL TEK-TEK LOKA JAYA DI DESA JENANG KECAMATAN MAJENANG KABUPATEN CILACAP : KAJIAN BENTUK PERTUNJUKAN DAN FUNGSI


Faizun, 2503408004 (2013) KESENIAN TRADISIONAL TEK-TEK LOKA JAYA DI DESA JENANG KECAMATAN MAJENANG KABUPATEN CILACAP : KAJIAN BENTUK PERTUNJUKAN DAN FUNGSI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KESENIAN TRADISIONAL TEK-TEK LOKA JAYA DI DESA JENANG KECAMATAN MAJENANG KABUPATEN CILACAP : KAJIAN BENTUK PERTUNJUKAN DAN FUNGSI]
Preview
PDF (KESENIAN TRADISIONAL TEK-TEK LOKA JAYA DI DESA JENANG KECAMATAN MAJENANG KABUPATEN CILACAP : KAJIAN BENTUK PERTUNJUKAN DAN FUNGSI)
Download (4MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pertunjukan kelompok kesenian Tek-tek Loka Jaya sudah disajikan secara menarik. Hal tersebut yang membuat kelompok Tek-tek Loka Jaya lebih dikenal dan berbeda dari pada kelompok Tek-tek lainnya. Perbedaannya mulai dari keunikan alat musik yang digunakan dan bentuk penyajiannya. Permasalahan yang dikaji yaitu bagaimanakah bentuk pertunjukan dan fungsi kesenian tradisional Tek-tek Loka Jaya di Desa Jenang Kecamatan Majenang Kabupaten Cilacap. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan bentuk pertunjukan dan fungsi kesenian tradisional Tek-tek Loka Jaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tekhnik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi. Analisis data yang dilakukan menggunakan analisis data interaktif, yang dibagi dalam tiga tahap, meliputi reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan / verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa bentuk pertunjukan kesenian tradisional Tek-tek Loka Jaya terdiri dari dua aspek yaitu tekstual dan kontekstual. Secara tekstual yaitu bentuk penyajian. Instrument yang digunakan yaitu angklung, kentongan, teplak, bass, tamborin, kempul, snar drum dan simbal. Kemudian dari bentuk penyajian yaitu kesenian tradisional Tek-tek Loka Jaya sudah disajikan dengan baik, dalam sajiannya terdiri dari tiga bagian yaitu salam pembuka, bagian inti pertunjukan, dan penutup pertunjukan. Penyajiannya menggunakan busana dan rias yang menarik, diisi dengan koreografi pemain musik, penari dan cepetan. Secara kontekstual yaitu fungsi dari kesenian tradisional Tek-tek Loka Jaya. Fungsi kesenian tradisional Tek-tek Loka Jaya di Desa Jenang secara umum meliputi fungsi sebagai presentasi estetis, dan hiburan. Berdasarkan hasil penelitian, saran yang dapat penulis berikan adalah kepada para pemain kelompok kesenian tradisional Tek-tek Loka Jaya agar lebih kreatif dalam mengaransir setiap lagu dan menambah koreografi, sehingga akan semakin menarik minat masyarakat. Selanjutnya untuk pengurus kelompok Tek-tek Loka Jaya agar lebih kompetitif dalam memilih calon anggota baru untuk meningkatkan kualitas pertunjukan kelompok Seni Tek-tek Loka Jaya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: KESENIAN TRADISIONAL, TEK-TEK LOKA JAYA
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GT Manners and customs
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: Users 23382 not found.
Date Deposited: 06 May 2014 17:56
Last Modified: 06 May 2014 17:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19593

Actions (login required)

View Item View Item