EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM UPAYA MEMINIMALISASI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI POKOK LARUTAN PENYANGGA
Fitria, 4301409018 (2013) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM UPAYA MEMINIMALISASI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI POKOK LARUTAN PENYANGGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM UPAYA MEMINIMALISASI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI POKOK LARUTAN PENYANGGA)
- Published Version
Download (8MB) | Preview |
Abstract
Kimia merupakan bidang kajian yang melibatkan tiga level representasi yaitu level makroskopis, level mikroskopis dan level simbolik sehingga banyak menimbulkan miskonsepsi. Oleh karena itu, dibutuhkan media pembelajaran yang dapat digunakan untuk menyampaikan ketiga level representasi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan multimedia interaktif dalam upaya meminimalisasi miskonsepsi siswa pada materi pokok larutan penyangga. Populasi penelitian ini yaitu seluruh kelas XI IPA SMA Negeri 1 Jatisrono tahun ajaran 2012/2013. Teknik sampling yang digunakan yaitu cluster random sampling, diperoleh sampel penelitian yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen diberi pembelajaran dengan bantuan multimedia interaktif dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol diberi pembelajaran tanpa multimedia interaktif. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah true experimental design yang berbentuk pretest-posttest control group design. Data penguasaan konsep siswa diperoleh dari hasil tes diagnostik miskonsepsi. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata persentase miskonsepsi siswa kelas eksperimen 28,03% dan kelas kontrol 42,88%. Nilai gain ternormalisasi kelas eksperimen 0,64 dan kelas kontrol 0,5 yang berarti peningkatan hasil belajar kognitif siswa kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol. Skor jawaban siswa yang tergolong miskonsepsi pada kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal dan mempunyai varians yang sama, sedangkan pada uji t satu pihak kiri thitung (-4,89) ≤ - t(0,95)(64) (- 1,67) yang berarti rata-rata jawaban yang tergolong miskonsepsi kelas eksperimen lebih rendah daripada kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan multimedia interaktif efektif untuk meminimalkan miskonsepsi siswa pada materi pokok larutan penyangga.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | efektivitas, multimeda interaktif, miskonsepsi, larutan penyangga |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry T Technology > T Technology (General) |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1 |
Depositing User: | Users 22799 not found. |
Date Deposited: | 06 May 2014 17:59 |
Last Modified: | 06 May 2014 17:59 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19589 |
Actions (login required)
View Item |