UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA BELAJAR ANGKLUNG PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SD N 02 PULOSARI KECAMATAN BREBES KABUPATEN BREBES


Bondan Indra Lesmana, 2503406564 (2013) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA BELAJAR ANGKLUNG PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SD N 02 PULOSARI KECAMATAN BREBES KABUPATEN BREBES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA BELAJAR ANGKLUNG PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SD N 02 PULOSARI KECAMATAN BREBES KABUPATEN BREBES]
Preview
PDF (UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA BELAJAR ANGKLUNG PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SD N 02 PULOSARI KECAMATAN BREBES KABUPATEN BREBES)
Download (770kB) | Preview

Abstract

Penulis mengambil tema motivasi Siswa dalam Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler angklung dalam penelitian ini adalah kegiatan angklung merupakan salah satu kegiatan positif di SD N 02 pulosari. Kegiatan ekstrakurikuler angklung merupakan salah satu wadah untuk mengembangkan bakat siswa dalam bidang musik. Permasalahan yang dikaji yaitu usaha apa saja yang dilakukan oleh sekolah dalam memotivasi siswa untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler angklung, apa saja faktor yang mendukung dan menghambat dalam memotivasi siswa untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler angklung. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskritif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan tekhnik keabsahan data interaktif yang ditempuh melalui proses pengumpulan data, penyajian data, dan menarik kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SD N 02 pulosari adalah sekolah pertama di Brebes yang berani menjadikan kegiatan angklung sebagai salah satu ekstrakurikuler. angklung dianggap seabagai salah satu wadah yang dapat menampung bakat dan minat siswa. Adapun usaha-usaha yang telah dilakukan sekolah dalam mendorong siswa-siswinya mengikuti kegiatan ekstrakurikuler angklung di SD N 02 pulosari Brebes adalah menyediakan fasilitas, seperti peralatan angklung, lokasi latihan, dan pelatih professional yang mampu membangkitkan semangat siswa-siswi anggota angklung. Adapun motivasi yang telah diberikan sekolah yaitu : pertama, memberikan informasi kepada siswa tentang ekstrakurikuler angklung, terutama tentang apa yang harus dilakukan oleh siswa dan bagaimana cara melakukannya. Guru menjelaskan tentang syarat dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler angklung. Kedua memperkenalkan beberapa macam alat yang akan di gunakan. Guru yang dibantu pelatih angklung memperkenalkan satu persatu alat musik yang ada, serta memberikan contoh bagaimana cara menggunakan alat tersebut. Ketiga memberikan kesempatan kepada siswa untuk mencoba dan memainkan alat-alat yang nantinya akan mereka gunakan pada saat mengikuti angklung. Berdasarkan hasil penelitian, saran yang diberikan guna meningkatkan motivasi siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler angklung yaitu Untuk pihak sekolah, hendaknya meningkatkan segala fasilitas yang dibutuhkan dalam kegiatan ekstrakurikuler angklung

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: MOTIVASI, SISWA, BELAJAR ANGKLUNG, EKSTRAKURIKULER
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: Users 23382 not found.
Date Deposited: 06 May 2014 18:00
Last Modified: 06 May 2014 18:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19586

Actions (login required)

View Item View Item