PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA XI IA2 SMA N 3 MAGELANG 2012/2013


Siti Hijayatun, 4301409015 (2013) PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA XI IA2 SMA N 3 MAGELANG 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA XI IA2 SMA N 3 MAGELANG 2012/2013]
Preview
PDF (PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA XI IA2 SMA N 3 MAGELANG 2012/2013) - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Permasalahan di kelas XI IA2 SMA N 3 Magelang salah satunya adalah pembelajaran kimia masih didominasi karakter teacher centered learning. Aktivitas siswa lebih banyak memperhatikan guru, mencatat dan jarang bertanya. Berdasarkan permasalahan ini, dibutuhkan suatu penelitian yang bisa memperbaiki dan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menggunakan metode problem solving, untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Indikator keberhasilan penelitian dilihat dari adanya peningkatan aspek kognitif mencapai nilai lebih besar atau sama dengan 75 sebesar proporsi tiga per empat jumlah siswa di kelas XI IA2. Peningkatan aktivitas belajar, aspek afektif dan aspek psikomotorik yang mendapat kategori baik sekurang-kurangnya proporsi tiga per empat jumlah siswa di kelas XI IA2. Subjek penelitian ini adalah siswa XI IA2 sebanyak 32 siswa. Uji coba instrumen meliputi uji coba instrumen tes dan lembar observasi. Banyaknya siswa yang tuntas hasil belajar kognitif pada siklus I siswa sebanyak 29 siswa dengan rerata nilai 82 meningkat menjadi 31 siswa dengan rerata nilai 87 pada siklus II. Hasil belajar afektif 25 siswa tuntas dengan rerata nilai 80 pada siklus I meningkat menjadi 29 siswa tuntas dengan rerata nilai 83 pada siklus II. Hasil belajar psikomotorik juga mengalami peningkatan, pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 22 dengan rerata nilai 74 pada siklus II banyaknya siswa yang tuntas menjadi 27 siswa dengan rerata nilai 81. Aktivitas siswa pada siklus I mencapai rerata nilai 79 siswa tuntas sebanyak 28 siswa pada siklus II meningkat menjadi 30 siswa dengan rerata nilai 83.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: problem solving, hasil belajar, penelitian tindakan kelas
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Users 22799 not found.
Date Deposited: 06 May 2014 18:00
Last Modified: 06 May 2014 18:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19585

Actions (login required)

View Item View Item