PERSEPSI SISWA TERHADAP PENGGUNAAN METODE TUTOR SEBAYA DALAM PEMBELAJARAN SENI MUSIK DI SMP NEGERI 1 LARANGAN BREBES

Agung Wicaksono, 2503406536 (2013) PERSEPSI SISWA TERHADAP PENGGUNAAN METODE TUTOR SEBAYA DALAM PEMBELAJARAN SENI MUSIK DI SMP NEGERI 1 LARANGAN BREBES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PERSEPSI SISWA TERHADAP PENGGUNAAN METODE TUTOR SEBAYA DALAM PEMBELAJARAN SENI MUSIK DI SMP NEGERI 1 LARANGAN BREBES)
Download (8Mb)

    Abstract

    Pada mata pelajaran Seni Musik yang sebagian besar materinya berisi penyajian deskriptif, biasanya metode yang digunakan oleh guru adalah metode ceramah. Guru dalam melaksanakan pembelajaran seni music ini menularkan pengetahuan dan informasi dengan menggunakan lisan. Dari hal ini dapat dilihat bahwa keaktifan siswa kurang berperan, sehingga untuk berpikir kreatif pun siswa mengalami hambatan, selain itu metode ceramah ini menimbulkan rasa bosan pada siswa, sehingga metode ini dirasa kurang efektif. Oleh karena itu dalam proses belajar mengajar perlu adanya pendekatan pembelajaran yang lebih efektif mampu menciptakan suasana lebih mengaktifkan siswa khususnya pada mata pelajaran Seni Musik. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah persepsi siswa terhadap penggunaan metode tutor sebaya dalam pembelajaran Seni Musik di Kelas VIII SMP Negeri 1 Larangan Brebes? Penelitian menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Variabel penelitian adalah variable persepsi terhadap penggunaan metode tutor sebaya. Teknik pengumpulan data dengan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 40 siswa yang disurvey terdapat 10 siswa (25%) memiliki persepsi metode tutor sebaya dengan kriteria Sangat Setuju, 21 siswa (52,5%) memiliki persepsi dengan kriteria Setuju, 5 siswa (12,5%) memiliki persepsi dengan kriteria Cukup Setuju, 2 siswa (5%) memiliki persepsi dengan kriteria Kurang Setuju, dan 2 siswa 5%) memiliki persepsi dengan kriteria Tidak Setuju. Simpulan penelitian ini adalah sebagian besar di kelas VIII SMP Negeri 1 Larangan Brebes ada 21 dari 40 siswa (52,5%) termasuk dalam kategori Setuju. Saran yang diajukan peneliti adalah : (1) siswa hendaknya dapat memberikan balikan yang positif terhadap penggunaan metode tutor sebaya di kelas dan guru mau menerima masukan tentang penerapan metode tersebut dalam kelas sehingga proses pembelajaran dapat berlangsung lebih efektif dan efisien, (2) penerapan metode tutor sebaya sebaiknya ditingkatkan terus menerus mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan teknologi agar proses pembelajaran menjadi aktif, kreatif, dan menyenangkan.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: persepsi, tutor sebaya
    Subjects: L Education > L Education (General)
    M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
    Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
    Depositing User: dina perpustakaan
    Date Deposited: 07 May 2014 05:36
    Last Modified: 07 May 2014 05:36

    Actions (login required)

    View Item