MUSIK SEBAGAI SARANA BEREKSPRESI DIRI BAGI SISWA DI TK NEGERI PEMBINA SLAWI KABUPATEN TEGAL


Slamet Dwi Haryanto, 2503406526 (2013) MUSIK SEBAGAI SARANA BEREKSPRESI DIRI BAGI SISWA DI TK NEGERI PEMBINA SLAWI KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MUSIK SEBAGAI SARANA BEREKSPRESI DIRI BAGI SISWA DI TK NEGERI PEMBINA SLAWI KABUPATEN TEGAL]
Preview
PDF (MUSIK SEBAGAI SARANA BEREKSPRESI DIRI BAGI SISWA DI TK NEGERI PEMBINA SLAWI KABUPATEN TEGAL)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Musik sebagai sarana berekspresi diri merupakan langkah – langkah yang baik untuk membiasakan merasakan musik yang indah didengarkan sesuai perasaannya dan sekaligus upaya untuk pembinaan kesenian nasional Indonesia. Memperkenalkan musik sebagai sarana berekpresi diri bagi anak, akan memberi pengalaman langsung. Masalah penelitian ini adalah bagaimanakah ekspresi musikal anak usia dini di TK Negeri Pembina Slawi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan ekspresi musikal siswa di Taman kanak-kanak Negeri Pembina slawi. Manfaat penelitian ini sebagai media pengetahuan dan informasi tentang keunikan ekspresi musikal siswa di Taman kanak-kanak. Sasaran pokok yang ingin dicapai dari pendidikan seni musik adalah pemahaman musikalitas dan pembinaan perasaan estetis serta pemeliharaan kreativitas dan spontanitas anak didik (Rusly, 1973:2). Dengan demikian pendidikan seni music diarahkan untuk mendidik anak agar memiliki perasaan indah serta mengembangkan kreativitasnya. Karena itulah peneliti tertarik untuk meneliti bagaimana sebenarnya musik sebagai sarana berekspresi diri bagi siswa di Taman Kanak – kanak Negeri Pembina Slawi. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Lokasi Penelitian dilaksanakan di TK Negeri Pembina Slawi Kabupaten Tegal yang berlokasi dikomplek sekolah lebih tepatnya didepan Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tegal. Teknik pengumpulan data antara lain : teknik observasi, wawancara, dan pengumpulan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini diskriptif kualitatif, yaitu analisis yang tidak berdasarkan perhitungan angka melainkan dalam bentuk pernyataan yang diungkapkan secara diskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa perwujudan ekspresi musical Anak Usia Dini TK Pembina Negeri Slawi terdiri dari waktu kewaktu berekspresi, salah satu perwujudan keunikan sebenarnya ada dalam bentuk mengekspresikannya. Dengan mendengarkan music dan menyanyikan lagu. Berdasarkan kesimpulan tersebut, saran yang diberikan untuk meningkatkan mutu musikal adalah : (1). Perlu diperhatikan lagi secara matang mengenai musik atau lagu yang diperdengarkan. (2) Lebih dikembangkan kembali dalam menjaga dan menyepelekan hal – hal yang dapat mempengaruhi ekspresi musikal Anak Usia Dini. Sehingga terkesan lebih bervariasi pada setiap penuangan musik, agar penyampaian makna tema lagu dapat mengekspresikannya dengan baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Musik, sarana berekspresi siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
M Music and Books on Music > M Music
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: Users 23382 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 09:36
Last Modified: 07 May 2014 09:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19580

Actions (login required)

View Item View Item