BENTUK DAN FUNGSI KESENIAN RODAT PADA UPACARA RITUAL POTONG GEMBEL DI DESA DIENG KULON KECAMATAN BATUR KABUPATEN BANJARNEGARA


Dwi Haryadi, 2503406025 (2013) BENTUK DAN FUNGSI KESENIAN RODAT PADA UPACARA RITUAL POTONG GEMBEL DI DESA DIENG KULON KECAMATAN BATUR KABUPATEN BANJARNEGARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of BENTUK DAN FUNGSI KESENIAN RODAT PADA UPACARA RITUAL POTONG GEMBEL DI DESA DIENG KULON KECAMATAN BATUR KABUPATEN BANJARNEGARA]
Preview
PDF (BENTUK DAN FUNGSI KESENIAN RODAT PADA UPACARA RITUAL POTONG GEMBEL DI DESA DIENG KULON KECAMATAN BATUR KABUPATEN BANJARNEGARA)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Kesenian Rodat merupakan salah satu kesenian yang tumbuh dan berkembang dan masih bertahan sampai sekarang, kesenian ini juga menjadi salah satu kesenian yang menjadi bagian dari upacara potong rambut gembel yang ada di Desa Dieng Kulon. Berdasarkan latarbelakang tersebut penulis melakukan penelitian yang berjudul Bentuk dan Fungsi Kesenian Rodat pada Upacara Ritual Potong Gembel di Desa Ding Kulon Kecamatan Batur Kabupaten Banjarnegara. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bentuk dan fungsi pertunjukan kesenian Rodat pada upacara potong gembel yang ada di Desa Dieng kulon Kecamatan batur Kabupaten Banjarnegara. Manfaat secara teoritis adalah menambah dan memperkaya khasanah ilmu pengetahuan dibidang kebudayaan khususnya kesenian. Manfaat secara praktis adalah sebagai sarana media informasi yang digunakan untuk pembelajaran seni tradisi serta apresiasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Analisis data yang dilakukan menggunakan analisis data interaktif, yang dibagi dalam tiga tahap, meliputi reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan / verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa bentuk pertunjukan kesenian Rodat secara tekstual, terdiri dari bentuk komposisi dan bentuk penyajian. Bentuk komposisi meliputi ritme, melodi, harmoni, struktur bentuk analisis musik, syair, tempo, dinamika, ekspresi, instrument, dan aransemen, sedangkan bentuk penyajiannya meliputi urutan penyajian, tata panggung, tata rias, tata busana, tata suara, tata lampu, dan formasi. Rodat mempunyai fungsi sebagai pengiring arakarakan sesaji dan permintaan dari anak gembel, rodat juga berfungsi sebagai pengiring arak-arakan potongan rambut gembel yang akan dilarung di telaga warna. Berdasarkan hasil penelitian, saran yang dapat penulis kemukakan adalah penambahan jadwal latihan agar lebih lancer dalam memainkan musik maupun gerakan tariannya, regenerasi pemain rodat agar kesenian ini tetap bertahan dan mampu tidak mati di tengah perkembangan zaman, pemeliharaan property baik berupa alat musik atau pakaian, dan meningkatkan bimbingan berupa arahanarahan kepada pemuda di Desa Dieng Kulon Kecamatan Batur Kabupaten Banjarnegara tentang pentingnya kesenian sebagai bagian dari kebudayaan. Dengan seni bisa mempersatukan perbedaan, dan karena kebudayaan merupakan kekayaan yang tidak akan pernah hilang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bentuk dan Fungsi, Kesenian Rodat, Upacara Ritual, Potong Gembel
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
M Music and Books on Music > M Music
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: Users 23382 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 09:40
Last Modified: 07 May 2014 09:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19573

Actions (login required)

View Item View Item