INTERAKSI SOSIAL PEMAIN BAND PADA STUDIO MUSIK LETTA DI DESA SEKARAN KECAMATAN GUNUNGPATI KABUPATEN SEMARANG


Topan Aji Saputra, 2503406017 (2013) INTERAKSI SOSIAL PEMAIN BAND PADA STUDIO MUSIK LETTA DI DESA SEKARAN KECAMATAN GUNUNGPATI KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of INTERAKSI SOSIAL PEMAIN BAND PADA STUDIO MUSIK LETTA DI DESA SEKARAN KECAMATAN GUNUNGPATI KABUPATEN SEMARANG]
Preview
PDF (INTERAKSI SOSIAL PEMAIN BAND PADA STUDIO MUSIK LETTA DI DESA SEKARAN KECAMATAN GUNUNGPATI KABUPATEN SEMARANG)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Di Desa Sekaran terdapat banyak studio musik, salah satunya studio musik Letta, studio musik ini sangat diminati oleh remaja Desa Sekaran karena tempatnya yang strategis dan fasilitas alat-alat musiknya yang lebih baik, disamping itu studio musik Letta digunakan sebagai media interaksi antar remaja dari berbagai aliran musik remaja Desa Sekaran yang mayoritas adalah mahasiswa. Studio musik yang tumbuh dan berkembang di Kecamatan Gunungpati Kabupaten Semarang salah satunya studio musik Letta merupakan bentuk interaksi sosial yang tumbuh dan berkembang dari kalangan remaja dan menjadi bagian dalam kehidupan masyarakat pendukungnya. Seperti halnya sarana interaksi remaja yang lain. Sesuai dengan latar belakang di atas maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan: interaksi sosial pemain band pada studio Letta di Desa Sekaran, Kecamatan Gunung Pati, Kabupaten Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif, yang menggambarkan atau menguraikan tentang manfaat studio musik Letta sebagai media intraksi dan remaja Desa Sekaran Kecamatan Gunungpati Kabupaten Semarang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dokumentasi, teknik pemeriksaan keabsahan data teknik yang dipakai dalam penelitian ini memakai kriterium derajat kepercayaan dan triangulasi sumber dan teknik analisis data interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan simpulan/ verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diuraikan, bahwa terdapat tiga bentuk interaksi yang terjadi dalam studio musik Letta yaitu: kontak sosial antara orang perorangan, kontak sosial antara perorangan dengan suatu kelompok atau sebaliknya, kontak sosial antara kelompok dengan kelompok studio musik sebagai sarana kontak sosial antara kelompok dengan kelompok lain. Berdasarkan kesimpulan tersebut, kesimpulan yang dapat diambil dari pembahasan adalah Interaksi sosial merupakan proses awal penyesuaian nilai-nilai sosial dalam kehidupan bersama, seperti remaja-remaja di dalam studio musik Letta terlihat bahwa hubungan yang terjalin antar remaja cukup harmonis dan sikap kebersamaan. Saran yang diberikan untuk para remaja di studio Letta di Desa Sekaran, Kecamatan Gunungpati, Kabupaten Semarangyang adalah untuk mempertahankan nilai – nilai sosial dalam kehidupan bersama agar menjalin hubungan yang harmonis dan sikap kebersamaan antar remaja. Melalui studio musik remaja dapat berinteraksi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Interaksi Sosial Pemain Band
Subjects: H Social Sciences > HS Societies secret benevolent etc
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: Users 23382 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 09:40
Last Modified: 07 May 2014 09:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19571

Actions (login required)

View Item View Item