PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA KELAS YANG MENGGUNAKAN METODE PEMECAHAN MASALAH (PROBLEM SOLVING) DENGAN KELAS YANG MENGGUNAKAN METODE KONVENSIONAL PADA MATERI INDEKS HARGA DAN INFLASI SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH MATHOLI’UL HUDA TROSO PECANGAAN JEPARA


Nur chayyi, 7101409078 (2013) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA KELAS YANG MENGGUNAKAN METODE PEMECAHAN MASALAH (PROBLEM SOLVING) DENGAN KELAS YANG MENGGUNAKAN METODE KONVENSIONAL PADA MATERI INDEKS HARGA DAN INFLASI SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH MATHOLI’UL HUDA TROSO PECANGAAN JEPARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA KELAS YANG MENGGUNAKAN METODE PEMECAHAN MASALAH (PROBLEM SOLVING) DENGAN KELAS YANG MENGGUNAKAN METODE KONVENSIONAL PADA MATERI INDEKS HARGA DAN INFLASI SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH MATHOLI’UL HUDA TROSO PECANGAAN ]
Preview
PDF (PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA KELAS YANG MENGGUNAKAN METODE PEMECAHAN MASALAH (PROBLEM SOLVING) DENGAN KELAS YANG MENGGUNAKAN METODE KONVENSIONAL PADA MATERI INDEKS HARGA DAN INFLASI SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH MATHOLI’UL HUDA TROSO PECANGAAN ) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan penggunaan metode pembelajaran pemecahan masalah ( problem solving) dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dalam materi indeks harga dan inflasi kelas X Madrasah Aliyah Matholi‟ul Huda Troso Pecangaan Jepara. Pembelajaran di Madrasah Aliyah Matholi‟ul Huda Troso Pecangaan Jepara masih menggunakan metode konvensional. Masih banyaknya siswa yang belum mencapai nilai KKM. Dari permasalahan tersebut perlu adanya alternatif solusi yaitu penerapan metode pembelajaran pemecahan masalah (problem solving ). Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Madrasah Aliyah Matholi‟ul Huda Troso Pecangaan Jepara Tahun Ajaran 2012/2013. Dengan teknik purposive sampling terpilih 2 sampel yaitu kelas XC sebagai kelas eksperimen dan kelas XB sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan pembelajaran dengan metode pemecahan masalah (problem solving). Sedangkan kelas kontrol diberi perlakuan dengan pembelajaran konvensional. Hasil belajar pada kelas eksperimen diperoleh nilai tertinggi post-test sebesar 97 dan nilai terendah post-test sebesar 77 dengan rata-rata 87. Kelas kontrol yang memperoleh nilai tertinggi post-test sebesar 83 dan nilai terendah post-test sebesar 50 dengan rata-rata sebesar 67. Uji gain pada kelas eksperimen sebesar 0,77 dengan kategori tinggi sedangkan uji gain pada kelas kontrol sebesar 0,45 dengan ketegori sedang. Hal ini menunjukkan pembelajaran dengan metode pemecahan masalah (problem solving) lebih baik dalam meningkatkan hasil belajar. Berdasarkan penjabaran diatas peneliti memberikan saran kepada guru untuk mencari metode pembelajaran aktif seperti metode pembelajaran pemecahan masalah (problem solving) agar siswa lebih tertarik dan aktif dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perbandingan, Metode Pembelajaran Pemecahan Masalah (Problem Solving), Hasil Belajar siswa.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 03 Dec 2013 16:15
Last Modified: 03 Dec 2013 16:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19567

Actions (login required)

View Item View Item