PEMBELAJARAN SENI TARI MELALUI RANGSANG GERAK BINATANG BEDINGIN KECAMATAN TODANAN KABUPATEN BLORA


Dyah Ayu Johan Maylani, 2502408019 (2013) PEMBELAJARAN SENI TARI MELALUI RANGSANG GERAK BINATANG BEDINGIN KECAMATAN TODANAN KABUPATEN BLORA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PEMBELAJARAN SENI TARI MELALUI RANGSANG GERAK BIN BEDINGIN KECAMATAN TODANAN KABUPATEN BLORA]
Preview
PDF (PEMBELAJARAN SENI TARI MELALUI RANGSANG GERAK BIN BEDINGIN KECAMATAN TODANAN KABUPATEN BLORA)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran mengenai binatang melalui gerak tari mempermudah guru untuk memberi wawasan tentang hewan. Dengan tari maka akan memberikan kesan bahwa hewan buas sekaligus mampu bersahabat dengan manusia. gerakan tari melalui obyek binatang diharapkan juga mampu untuk membangun imajinasi siswa sesuai pengetahuanya. Penelitian ini membahas tentang bagaimana proses pembelajaran seni tari melalui rangsang gerak binatang di TK Pertiwi Kecamatan Todanan Kabupaten Blora. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui dan mendiskripsikan proses pembelajaran seni tari melalui rangsang gerak binatang pada anak TK Pertiwi Desa Bedingin Kecamatan Todanan Kabupaten Blora. Manfaat penelitian ini dapat menambah wawasan melalui gerak rangsang bianatang dan memperkaya strategi dalam proses pembelajaran seni tari melalui gerak rangsang binatang. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data dengan tri angulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan empat tahap. Tahap pertama pengumpulan data, reduksi data atau pengelompokan data, penyajian data, setelah itu dilakukan verivikasi atau penarikan kesimpulan. Pembelajaran dibuka oleh guru. Materi persiapan pembelajaran ssudah disiapkan guru sebelum pembelajaran dimulai. Awal pembelajaran guru mencontihkan gerak hewan antara lain kelinci, kanguru, ular, dan harimau. Kemudian siswa disuruh untuk mengikuti gerakan yang dipraktekkan oleh guru. Kemudian guru menyuruh anak untuk mengulang sendiri dan dilanjutkan dengan dengan membuat kelompok. Pembelajaran dilakukan enam kali pertemuan. Agar lebih efektif penyerapan dalam pembelajaran enam kali pertemuan dibagi menjadi tiga untuk mencontohkan gerakan hewan, sisa pertemuan selanjutnya digunakan untuk pengulangan materi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran tari melalui gerak rangsang tari yang dilakukan dengan urutan yang menyerupai pembelajaran lainya. Pembelajaran rangsang tari mampu memunculkan kreativitas dan merangsang saraf motorik siswa.. Guru diharapkan lebih kreatif dalam mengembangkan gerak rangsang binatang dalam pembelajaran seni tari. Pihak sekolah diharapkan lebih meningkatkan sarana dan prasarana pendukung dalam pembelajaran seni tari.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Seni Tari, Rangsang Gerak Binatang
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NX Arts in general
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Tari)
Depositing User: Users 23382 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 09:40
Last Modified: 07 May 2014 09:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19562

Actions (login required)

View Item View Item