PROSES PEMBELAJARAN MAHASISWA SENI TARI PADA SISWA KELAS VIII SMP DALAM MATA KULIAH TARI PENDIDIKAN DI FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Novian Murti Lokasari, 2502408003 (2013) PROSES PEMBELAJARAN MAHASISWA SENI TARI PADA SISWA KELAS VIII SMP DALAM MATA KULIAH TARI PENDIDIKAN DI FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PROSES PEMBELAJARAN MAHASISWA SENI TARI PADA SISWA KELAS VIII SMP DALAM MATA KULIAH TARI PENDIDIKAN DI FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG]
Preview
PDF (PROSES PEMBELAJARAN MAHASISWA SENI TARI PADA SISWA KELAS VIII SMP DALAM MATA KULIAH TARI PENDIDIKAN DI FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Mata kuliah tari pendidikan merupakan mata kuliah yang memberi pengetahuan dan latihan kepada mahasiswa pendidikan seni tari untuk menciptakan tari bentuk baru yang sesuai dengan tingkat usia anak berdasarkan kurikulum yang berlaku. Dalam mata kuliah tari pendidikan terdapat proses pembelajaran yang dilakukan oleh mahasiswa peserta kepada siswa didik tingkat sekolah. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendiskripsikan bagaimana proses pembelajaran mahasiswa seni tari pada siswa SMP kelas VIII dalam mata kuliah tari pendidikan di Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang dilaksanakan dengan cara mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Manfaat penelitian adalah memberi wawasan bagi peneliti yang akan meneliti penelitian sejenis, bagi pembaca menambah wawasan tentang mata kuliah tari pendidikan, bagi mahasiswa pendidikan seni tari dapat dijadikan sebagai acuan untuk meningkatkan kreativitas dalam bidang seni tari, bagi guru pengajar tari di sekolah dapat menambah acuan dalam pembelajaran seni tari, bagi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, serta pelaksana program pendidikan dapat dijadikan wacana untuk lebih mengembangkan pendidikan seni ditingkat Perguruan Tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran mahasiswa seni tari pada siswa SMP kelas VIII dalam mata kuliah tari pendidikan di Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang ditempuh oleh mahasiswa pendidikan seni tari semester tiga. Mahasiswa peserta sebelum melaksanakan proses pembelajaran tari pada siswa didik tingkat SMP kelas VIII, terlebih dahulu mengikuti bimbingan tema, gerak, dan musik pengiring. Materi tari pembelajaran merupakan tari bentuk baru hasil ciptaan mahasiswa yang disesuaikan dengan kurikulum dan tingkat usia siswa. Hasil proses pembelajaran dapat dilihat dari segi kognitif, afektif, dan psikomotor. Dari hasil penelitian disarankan, ketersediaan sarana prasarana di Jurusan Sendratasik yang mendukung proses pembelajaran harus lebih ditingkatkan lagi, Jurusan Sendratasik agar lebih memperhatikan kesesuaian dalam pemberian mata kuliah tari pendidikan yang ada baiknya diberikan pada saat semerter lima ataupun semester enam, bagi mahasiswa peserta mata kuliah tari pendidikan hendaknya lebih disiplin dalam mengikuti proses perkuliahan dan agar hasil proses pembelajaran lebih maksimal hendaknya mahasiswa menguasai materi yang akan diajarkan seperti tema, ciri khas, nama ragam gerak, dan hitungan tari.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Mahasiswa Seni Tari, Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
N Fine Arts > NX Arts in general
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Tari)
Depositing User: Users 23382 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 09:43
Last Modified: 07 May 2014 09:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19555

Actions (login required)

View Item View Item