i PEMBELAJARAN SENI TARI DI TK ‘AISYIYAH 1 AJIBARANG


Rery Mei Isnawati, 2502407012 (2013) i PEMBELAJARAN SENI TARI DI TK ‘AISYIYAH 1 AJIBARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of i PEMBELAJARAN SENI TARI DI TK ‘AISYIYAH 1 AJIBARANG]
Preview
PDF (i PEMBELAJARAN SENI TARI DI TK ‘AISYIYAH 1 AJIBARANG)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran seni tari di Taman Kanak-Kanak ‘Aisyiyah 1 Ajibarang mencakup beberapa pengembangan, yaitu pengembangan pembiasaan dan pengembangan kemampuan dasar. Pengembangan pembiasaan dan kemampuan dasar sangat penting untuk diberikan kepada siswa karena akan menjadi suatu keterpaduan dalam pembelajaran, sehingga dapat mengembangkan pembiasaan perilaku sosial anak. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimana proses pembelajaran seni tari siswa kelas TK A di TK ‘Aisiyah 1 Ajibarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran seni tari siswa kelas TK A di TK ‘Aisiyah 1 Ajibarang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan pedoman observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik keteralihan. Teknik analisis data menggunakan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan proses pembelajaran seni tari ditemukan adanya perubahan perilaku yang baik dalam hal ini perilaku sosial anak pada siswa kelas TK A di TK ‘Aisyiyah 1 Ajibarang. Proses pembelajaran seni tari meliputi tiga tahapan, yaitu pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Hasil proses pembelajaran seni tari di Taman Kanak- Kanak ‘Aisyiyah 1 Ajibarang terbagi menjadi tiga perkembangan, yaitu perkembangan kognitif, perkembangan afektif, dan perkembangan psikomotorik ditemukan adanya perubahan perilaku yang baik (perilaku sosial). Perilaku sosial anak yang awalnya kebanyakan dari siswa mempunyai sikap Negativisme, persaingan, teasing dan bullying, serta cemburu sudah berkembang dan hilang kearah perilaku yang baik. Perubahan perilaku sosial anak tersebut terlihat mulai pertemuan kedua sampai keempat saat anak sudah dapat diatur dengan baik dan mau menuruti atau menghargai kata-kata Ibu Sofi. Saran yang diberikan peneliti, antara lain: (1) Bagi guru seni tari di Taman Kanak-Kanak ‘Aisyiyah 1 Ajibarang agar menekankan pada pengembangan pembiasaan perilaku sosial dalam setiap pembelajaran seni tari dengan cara lebih mengetahui dan mengenal karakteristik masing-masing siswa dan mengadakan pementasan tari di sekolah agar motivasi siswa terdorong lebih baik, (2) Bagi Siswa Taman Kanak-Kanak agar lebih giat dan rajin dalam berlatih menari agar hasilnya dalam setiap evaluasi menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Seni Tari, Perilaku Sosial.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
N Fine Arts > NX Arts in general
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Tari)
Depositing User: Users 23382 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 10:20
Last Modified: 07 May 2014 10:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19539

Actions (login required)

View Item View Item