Studi Perbandingan Pengaruh Metode Ceramah dan Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Akor Siswa SMP Negeri 1 Prembun


BUDI KASWANTO, 2501912027 (2013) Studi Perbandingan Pengaruh Metode Ceramah dan Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Akor Siswa SMP Negeri 1 Prembun. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Studi Perbandingan Pengaruh Metode Ceramah dan Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Akor Siswa SMP Negeri 1 Prembun]
Preview
PDF (Studi Perbandingan Pengaruh Metode Ceramah dan Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Akor Siswa SMP Negeri 1 Prembun)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam pembelajaran Akor penggunaan metode yang tepat sangat dibutuhkan. Oleh karena itu melalui penelitian ini peneliti akan mencoba menerapkan metode yang tepat untuk keberhasilan pembelajaran akor. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan perbandingan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode ceramah dan dengan menggunakan metode demonstrasi. Selain itu juga bertujuan untuk menemukan metode yang tepat dalam pengajaran akor melalui media instrument gitar. Ada 2 (dua) kelompok dalam penelitian ini yaitu kelompok pembanding dan kelompok eksperimen. Kelompok pembanding dikarenakan metode ceramah, sedangkan kelompok eksperimen dikarenakan metode demonstrasi. Sampel yang diteliti sebanyak 64 siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Prembun terdiri atas 32 siswa kelas VIII A sebagai kelompok eksperimen dan 32 siswa kelas VIII C sebagai kelompok pembanding. Melalui penelitian ini dapat diketahui ada atau tidak adanya pengaruh pemberian metode demonstrasi yang diberikan pada kelompok eksperimen. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif yang disajikan dalam bentuk tabel-tabel dan diolah dengan metode statistik yaitu perbandingan dengan uji- t. Keefektifan metode demonstrasi terlihat pada hasil yang dicapai oleh kelompok eksperimen dengan derajat kebebasan 61 dan taraf signifikansi 0,01 diperoleh tt = 2,66 dan to = 4,73. Untuk menerima Ho pada taraf signifikansi 0,01 to (t yang diperoleh dalam observasi) harus sama atau lebih kecil dari tt (t dalam tabel distribusi). Dalam penghitungan ini untuk menerima Ho, to harus sama atau lebih kecil 4,73 . Setelah to dan tt dikonsultasikan ternyata to lebih besar dari tt. Saran kepada bapak/ibu guru seni budaya, gunakanlah metode demonstrasi dalam pembelajaran Akor, untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Metode Ceramah, Metode Demonstrasi, Hasil Belajar Akor
Subjects: L Education > L Education (General)
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: Users 23382 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 10:20
Last Modified: 07 May 2014 10:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19538

Actions (login required)

View Item View Item