PENINGKATAN HASIL BELAJAR KETERAMPILAN BERMAIN ALAT MUSIK PIANIKA DENGAN METODE TUTOR SEBAYA PADA SISWA KELAS VIIC DI SMP 2 TIRTO KABUPATEN PEKALONGAN


Yunianto, 2501912015 (2013) PENINGKATAN HASIL BELAJAR KETERAMPILAN BERMAIN ALAT MUSIK PIANIKA DENGAN METODE TUTOR SEBAYA PADA SISWA KELAS VIIC DI SMP 2 TIRTO KABUPATEN PEKALONGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN HASIL BELAJAR KETERAMPILAN BERMAIN ALAT MUSIK PIANIKA DENGAN METODE TUTOR SEBAYA PADA SISWA KELAS VIIC DI SMP 2 TIRTO KABUPATEN PEKALONGAN]
Preview
PDF (PENINGKATAN HASIL BELAJAR KETERAMPILAN BERMAIN ALAT MUSIK PIANIKA DENGAN METODE TUTOR SEBAYA PADA SISWA KELAS VIIC DI SMP 2 TIRTO KABUPATEN PEKALONGAN)
Download (5MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran seni musik di sekolah sebenarnya menjadikan kegiatan pembelajaran yang mengasyikkan bagi siswa. Tetapi sebagian besar siswa merasa kesulitan ketika harus mempelajari praktek bermain musik. Oleh karena itu dalam proses pembelajaran guru harus menggunakan strategi yang tepat untuk mencapai tujuan pembelajaran. Dalam penelitian ini permasalahan yang timbul adalah apakah metode tutor sebaya dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar keterampilan bermain alat musik pianika pada kelas VII C di SMP 2 Tirto Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dalam penelitian tindakan kelas pengambilan data melalui beberapa tahap yaitu: tahap pra siklus, siklus 1 dan siklus 2. Proses pemecahan permasalahan dimulai dari perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation), menganalisa data dan informasi untuk mengetahui kelemahan dan kelebihan hasil tindakan (reflection). Teknik pengambilan data dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data kwantitatif dan kwalitatif meliputi tiga komponen: reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan Berdasarkan analisa data penelitian, dapat disimpulkan bahwa metode tutor sebaya dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar keterampilan bermain alat musik pianika khususnya kelas VII C di SMP 2 Tirto Kabupaten Pekalongan. Hal ini dapat dilihat dari tingkat ketuntasan belajar siswa yang terjadi peningkatan dari 24 siswa pada pra siklus 6 siswa (25%) memperoleh nilai ≥ 70, pada siklus 1 terjadi peningkatan 14 siswa (58%) memperoleh nilai ≥ 70, dan meningkat cukup pesat pada siklus 2 yaitu: 22 siswa (92%) berhasil memperoleh nilai ≥ 70. Sedangkan siswa yang belum berhasil memperoleh nilai ≥ 70 hanya 2 siswa (8%). Berdasarkan hasil penelitian tersebut para guru disarankan untuk menggunakan metode yang tepat dalam upaya meningkatkan aktivitas dan belajar siswa dalam pembelajaran seni budaya, salah satu metode tersebut adalah metode tutor sebaya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan, Bermain Alat Musik Pianika, Metode Tutor Sebaya
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: Users 23382 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 10:20
Last Modified: 07 May 2014 10:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19535

Actions (login required)

View Item View Item