1 KAJIAN BENTUK DAN FUNGSI PERTUNJUKAN KESENIAN LENGGER BUDI LESTARI KECAMATAN KLEDUNG KABUPATEN TEMANGGUNG


Dyah Sri Rahayu, 2501912008 (2013) 1 KAJIAN BENTUK DAN FUNGSI PERTUNJUKAN KESENIAN LENGGER BUDI LESTARI KECAMATAN KLEDUNG KABUPATEN TEMANGGUNG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1 KAJIAN BENTUK DAN FUNGSI PERTUNJUKAN KESENIAN LENGGER BUDI LESTARI KECAMATAN KLEDUNG KABUPATEN TEMANGGUNG]
Preview
PDF (1 KAJIAN BENTUK DAN FUNGSI PERTUNJUKAN KESENIAN LENGGER BUDI LESTARI KECAMATAN KLEDUNG KABUPATEN TEMANGGUNG)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Kesenian tradisional Lengger merupakan jenis kesenian rakyat. Kesenian tradisional Lengger merupakan kesenian baru di desa Tuksari mulai tahun 1970 dan berkembang tahun 1980. Kesenian lengger berasal dari daerah Wonosobo yang dibawa oleh orang-orang yang bekerja sebagai pekerja buruh. Kesenian lengger tersebut harus dijaga kelestariannya. Usaha pelestarian kesenian lengger di kecamatan Kledung Kabupaten Temanggung sangat baik. Dapat dilihat dari banyaknya pementasan dan setiap kali ada pementasan selalu dipadati oleh penonton yang pada umumnya anak-anak muda. Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana bentuk kesenian tradisional lengger yang ada di desa Tuksari Kecamatan Kledung Kabupaten Temanggung? (2) Bagaimana fungsi kesenian tradisional lengger yang ada di desa Tuksari Kecamatan Kledung Kabupaten Temanggung? Dengan tujuan (1) untuk mengetahui bentuk kesenian tradisional lengger Budi Lestari di desa Tuksari kecamatan Kledung kabupaten Temanggung, (2) untuk mengetahui fungsi kesenian tradisional lengger Budi Lestari di desa Tuksari kecamatan Kledung kabupaten Temanggung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Proses pengambilan data meliputi tehnik observasi, tehnik dokumentasi dan wawancara. Tehnik ini diambil untuk mendapatkan data-data yang dapat dipertanggung jawabkan, dan analisis data yang digunakan teknik deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa bentuk kesenian tradisional lengger merupakan susunan dari unsur-unsur yaitu gerak, tata rias dan busana, musik iringan dan tembang atau lagu. Unsur-unsur tersebut disatu padukan sehingga menjadi suatu bentuk yang utuh dan selaras dengan aspekaspek yang mendukungnya. Pendukung kesenian tersebut adalah masyarakat petani yang terdiri dari generasi tua dan muda. Fungsi kesenian tradisional lengger bagi masyarakat tersebut adalah sebagai sarana upacara baik sebagai sarana mutlak maupun sebagai pelengkap dan sebagai sarana hiburan. Kesenian tradisional lengger di desa Tuksari kecamatan Kledung kabupaten Temanggung telah berhasil mengadakan pementasan ke tempat-tempat lain di sekitar wilayah kecamatan, bahkan kelain kabupaten. Saran yang dapat peneliti berikan berdasarkan hasil penelitian adalah agar kesenian tradisional lengger harus terus dipertahankan keberadaannya karena merupakan salah satu aset kebudayaan nasional, kepada Dinas Pariwisata perlu adanya langkah nyata untuk melestarikan kesenian tradisional lengger dengan melakukan pembinaan-pembinaan dan kegiatan- kegiatan secara rutin yang melibatkan kesenian tradisional lengger.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kajian Bentuk, Fungsi Pertunjukan Kesenian
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GT Manners and customs
N Fine Arts > NX Arts in general
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Tari)
Depositing User: Users 23382 not found.
Date Deposited: 06 Feb 2014 15:32
Last Modified: 06 Feb 2014 15:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19534

Actions (login required)

View Item View Item