UNSUR AKROBATIK PADA PERTUNJUKAN KESENIAN SIRKUS KUDA KEMBAR DI DESA SABARWANGI KECAMATAN KAJEN KABUPATEN PEKALONGAN


Puji Lestari, 2501409089 (2013) UNSUR AKROBATIK PADA PERTUNJUKAN KESENIAN SIRKUS KUDA KEMBAR DI DESA SABARWANGI KECAMATAN KAJEN KABUPATEN PEKALONGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UNSUR AKROBATIK PADA PERTUNJUKAN KESENIAN SIRKUS KUDA KEMBAR DI DESA SABARWANGI KECAMATAN KAJEN KABUPATEN PEKALONGAN]
Preview
PDF (UNSUR AKROBATIK PADA PERTUNJUKAN KESENIAN SIRKUS KUDA KEMBAR DI DESA SABARWANGI KECAMATAN KAJEN KABUPATEN PEKALONGAN)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Kesenian Sirkus Kuda Kembar adalah salah satu bentuk kesenian tradisional yang ada di Desa Sabarwangi merupakan sebuah kesenian yang menggambarkan tentang seni bela diri tentang atraksi atau akrobat serta diiringi dengan tari-tarian dan adegan-adegan yang menantang. Selain itu pertunjukan kesenian sirkus kuda kembar juga memiliki ciri khas tersendiri dalam memainkan akrobat atau atraksi ataupun trik-trik yang dimainkan oleh para pemain Kesenian Sirkus Kuda Kembar karena kesenian sirkus kuda kembar tersebut membutuhkan ciri khas sebuah ketangkasan yang sangat kuat dan berani. Berdasarkan latar belakang tersebut peneliti melakukan penelitian lebih lanjut mengenai Unsur Akrobatik Pada Pertunjukan Kesenian Sirkus Kuda Kembar di Desa Sabarwangi Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan dengan kajian pokok bentuk urutan penyajian dan Unsur Akrobatik Pada Pertunjukan Kesenian Sirkus Kuda Kembar. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui, mendeskripsikan, menjelaskan tentang bagaimana bentuk urutan penyajian dan Unsur Akrobatik Pada Pertunjukan Kesenian Sirkus Kuda Kembar di Desa Sabarwangi Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Analisis data yang dilakukan menggunakan analisis data interaktif, yang dibagi dalam tiga tahap, meliputi reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan / verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa bentuk pertunjukan kesenian Sirkus Kuda Kembar dibagi menjadi tiga bagian, yaitu bagian awal pertunjukan, bagian pertunjukan, dan bagian akhir pertunjukan. Unsur akrobatik pada pertunjukan kesenian sirkus kuda kembar dapat dilihat melalui aspek visual dan aspek auditif. Aspek visual yang meliputi: gerak, tata rias, tata busana, properti, dan tempat pertunjukan. Sedangkan aspek auditif yaitu iringan dan syair. Pada bagian unsur akrobatik, unsur permainan dibedakan menjadi dua yaitu menggunakan alat dan tanpa menggunakan alat. Penutup pada bagian penelitian ini berisi kesimpulan dan saran. Kesimpulan yang dapat peneliti kemukakan adalah bentuk pertunjukan kesenian sirkus kuda kembar dan Unsur Akrobatik Pada Kesenian Sirkus Kuda Kembar yang terlihat pada gerak, properti, tempat pertunjukan, syair, instrumen, tata rias dan busana saran yang dapat peneliti kemukakan adalah. Bagi para pemain akrobatik diharapkan dapat melatih atau mewariskan keahlian pada bidangnya masing-masing kepada penerus generasi muda, agar terjaga kelestariannya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Unsur Akrobatik, Pertunjuka, Sirkus Kuda Kembar.
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Tari)
Depositing User: Users 23382 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 11:29
Last Modified: 07 May 2014 11:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19524

Actions (login required)

View Item View Item