PROSES PEMBELAJARAN SENI TARI DALAM MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DI SMP NEGERI 1 BATANGAN KECAMATAN BATANGAN KABUPATEN PATI


Rakanita Dyah Ayu Kinesti, 2501409076 (2013) PROSES PEMBELAJARAN SENI TARI DALAM MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DI SMP NEGERI 1 BATANGAN KECAMATAN BATANGAN KABUPATEN PATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PROSES PEMBELAJARAN SENI TARI DALAM MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DI SMP NEGERI 1 BATANGAN KECAMATAN BATANGAN KABUPATEN PATI]
Preview
PDF (PROSES PEMBELAJARAN SENI TARI DALAM MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DI SMP NEGERI 1 BATANGAN KECAMATAN BATANGAN KABUPATEN PATI)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran seni tari untuk siswa Sekolah Menengah Pertama terutama di SMPN 1 Batangan merupakan bagian dari mata pelajaran seni budaya yang sudah mengacu pada Kurikulum 2006. Dalam proses pembelajaran seni tari, guru menggunakan media audio visual. Masalah utama dalam penelitian ini adalah bagaimana proses pembelajaran seni budaya tari di SMP Negeri 1 Batangan Kecamatan Batangan Kabupaten Pati. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui dan mendeskripsikan proses pembelajaran seni budaya tari di SMP Negeri Batangan Kecamatan Batangan Kabupaten Pati. Metode pendekatan penelitian dilakukan secara kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. . Hasil penelitian proses pembelajaran seni tari di SMPN 1 Batangan dalam kegiatan belajar mengajar menerapkan tahap-tahap pembelajaran seperti persiapan, penyampaian, pelatihan, dan penampilan. Guru seni tari menerapkan tahap-tahap tersebut guna untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan keefektifan waktu. Faktor-faktor yang mempengaruhi proses pembelajaran seni tari ini adalah faktor pendukung dan faktor penghambat. Dari hasil penelitian yang diuraikan maka dapat diambil simpulan proses pembelajaran di SMPN 1 Batangan kegiatan proses pembelajarannya meliputi kegiatan, pendahuluan, kegiatan, inti dan penutup. Selain itu guru juga menggunakan media audio visual seperti Laptop, LCD, Proyektor dan Kaset VCD Tari. Saran yang berkaitan dengan proses pembelajaran seni budaya tari di SMP Negeri 1 Batangan Kecamatan Batangan adalah Bagi guru dalam penggunaan media audio visual ditingkatkan kreativitas penggunaannya, agar siswa tidak merasa bosan pada pelajaran seni tari. Prasarana ruangan kesenian perlu ditambah dinding kaca, agar mempermudah siswa dalam proses praktek menari. Kepada siswa diharapkan untuk memiliki VCD tari sendiri, supaya bisa digunakan untuk belajar sendiri.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Seni Tari
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NX Arts in general
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Tari)
Depositing User: Users 23382 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 11:33
Last Modified: 07 May 2014 11:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19522

Actions (login required)

View Item View Item