PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI PENUNJANG PROMOSI KULINER BERBAHAN DASAR “YUYU” KHAS PURWODADI


Entri Aprilia Arbaatin, 2450408003 (2013) PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI PENUNJANG PROMOSI KULINER BERBAHAN DASAR “YUYU” KHAS PURWODADI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI PENUNJANG PROMOSI KULINER BERBAHAN DASAR “YUYU” KHAS PURWODADI]
Preview
PDF (PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL SEBAGAI PENUNJANG PROMOSI KULINER BERBAHAN DASAR “YUYU” KHAS PURWODADI)
Download (4MB) | Preview

Abstract

Kota Purwodadi Kabupaten Grobogan memiliki banyak potensi wisata kuliner yang menarik untuk dikunjungi serta dicoba keunikan cita rasa kulinernya yang eksotis, namun kurangnya media promosi sehingga wisatawan yang datang sangat sedikit, hanya pada waktu tertentu tempat-tempat wisata kuliner memiliki pengunjung yang banyak. Berdasarkan kondisi tersebut penulis mempunyai ide untuk membuat salah satu media yang bisa dijadikan sebagai media promosi yaitu brosur, X-banner, dan poster, dengan harapan mampu mendorong masyarakat untuk mempromosikan wisata kuliner di Kota Purwodadi Kabupaten Grobogan. Pembuatan proyek studi ini bertujuan untuk menuangan dan mengembangkan ide dan gagasan mengenai potensi wisata kuliner di Purwodadi dalam karya media komunikasi visual tercetak berupa brosur, X-banner, dan poster sebagai salah satu media promosi wisata kuliner Purwodadi Kabupaten Grobogan. Dalam berkarya, penulis menggunakan teknik fotografi yang dipadukan dengan grafis komputer. Gambar dari foto tersebut kemudian diolah dengan menggunakan program Adobe Photoshop dan Corel Draw untuk dijadikan sebuah desain media komunikasi visual tercetak berupa brosur, X-banner, dan poster. Karya-karya dalam proyek studi ini disajikan ke dalam 17 karya desain, meliputi 5 karya untuk desain brosur dengan ukuan 29,7 x 21 cm, 6 karya untuk desain X-banner dengan ukuan 60 x 160 cm, dan 6 karya untuk desain poster dengan ukuan 42 x 29,7 cm. Dalam setiap karya brosur, X-banner, dan poster, subyek utamanya merupakan foto kuliner berbahan dasar “yuyu” khas Purwodadi Kabupaten Grobogan yang bisa menarik perhatian sehingga dapat dijadikan sebagai media promosi wisata kuliner. Kuliner-kuliner yang dipromosikan dan dibuat menjadi media komunikasi visual tercetak berupa brosur, X-banner, dan poster diantaranya meliputi kuliner berbahan dasar “yuyu” yaitu: sayur “lompong yuyu”, “bothok yuyu”, pepes “yuyu”, rempeyek “yuyu”, bakwan”yuyu”, “oseng yuyu” tahu putih, orak arik ”yuyu”. Penulis berharap promosi wisata kuliner ini dapat bermanfaat bagi orang lain, terutama bagi masyarakat dalam maupun luar kota Purwodadi sebagai media promosi yang dapat memberikan informasi dan penjelasan yang lebih bermanfaat. Sehingga desain brosur, X-banner, dan poster dalam proyek studi ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif media promosi yang dapat menarik minat masyarakat serta menginformasikan dan mempromosikan sentra kuliner berbahan dasar “yuyu” khas Kota Purwodadi, kepada khalayak masyarakat dalam maupun luar kota Purwodadi untuk mengunjungi dan mencobanya. Untuk Pemerintah Kota Purwodadi Kabupaten Grobogan diharapkan bisa lebih meningkatkan promosi wisata kuliner dengan berbagai media, sehingga semakin banyak masyarakat yang semakin tertarik untuk mengunjungi Kota Purwodadi serta sebagai media promosi agar lebih dikenal oleh masyarakat dan dapat diproyeksikan menjadi salah satu ikon kuliner Purwodadi kabupaten Grobogan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perancangan, Promosi, Berbahan dasar “yuyu”, Khas Purwodadi
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Seni Rupa (S1)
Depositing User: Users 23382 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 11:36
Last Modified: 07 May 2014 11:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19513

Actions (login required)

View Item View Item