i PERANCANGAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT TENTANG BAHAYA ROKOK DALAM BENTUK MEDIA TERCETAK DI RUMAH SAKIT PELITA ANUGERAH


Herman Dwi Jadmiko, 2450407014 (2013) i PERANCANGAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT TENTANG BAHAYA ROKOK DALAM BENTUK MEDIA TERCETAK DI RUMAH SAKIT PELITA ANUGERAH. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of i PERANCANGAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT TENTANG BAHAYA ROKOK DALAM BENTUK MEDIA TERCETAK DI RUMAH SAKIT PELITA ANUGERAH]
Preview
PDF (i PERANCANGAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT TENTANG BAHAYA ROKOK DALAM BENTUK MEDIA TERCETAK DI RUMAH SAKIT PELITA ANUGERAH)
Download (4MB) | Preview

Abstract

Pendekatan dengan lambang dilarang merokok yang terdapat di Rumah Sakit selama ini kurang efektif untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya merokok. Hal ini dikarenakan kurang menariknya bentuk media sosialisasi yang dibuat. Salah satu cara yang dapat ditempuh agar menarik minat dan perhatian pengunjung adalah dengan membuat media-media alternatif komunikasi visual Iklan Layanan Masyarakat yang menarik, komunikatif dan efektif sekaligus mengedukasi para perokok agar tidak merokok khususnya di dalam Rumah Sakit Pelita Anugerah.Untuk meningkatkan kesadaran pengunjung penulis memilih jenis media-media alternatif komunikasi visual dalam bentuk media tercetak, media yang digunakan dalam perancangan Iklan Layanan Masyarakat ini terdiri dari serangkain media seperti poster, X-Banner, kalender, brosur, stiker, pin dan gantungan kunci. Secara garis besar proses pembuatan proyek studi ini melalui empat tahap. Tahap-tahap ini meliputi: (1) tahap persiapan (Penelitian pihak klien, penentuan sasaran khalayak, strategi media, progam media dan strategi visual); (2) persiapan peralatan dengan pemilihan hardware dan software yang digunakan; (3) sketbertujuan mempermudah dan mempunyai gambaran dalam pembuatan desain; (4) mendesain obyek yang diaplikasikan diberbagai jenis media. Dalam proyek studi ini disajikan 17 karya media tercetak dengan bentuk, jenis, dan ukuran yang berbeda-beda. Masing-masing media menampilkan obyek dengan organ tubuh manusia. Terdapat beberapa jenis media diantaranya poster, X-Banner, kalender, brosur, stiker, pin dan gantungan kunci. Dengan menciptakan berbagai desain media tercetak tentang bahaya merokok sebagai media kampanye diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran terhadap para pengunjung akan resiko merokok dan menghentikan kebiasaan merokok.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Iklan Layanan Masyarakat, Bahaya Merokok, Media Tercetak
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa (S1)
Depositing User: Users 23382 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 11:37
Last Modified: 07 May 2014 11:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19508

Actions (login required)

View Item View Item