Upaya peningkatan mutu pembelajaran olahraga karate (Teknik Dasar) dengan permainan move colour pada siswa kelas VIII G SMP Negeri 1 Kota Semarang tahun ajaran 2012/2013

Ahmad Ulil Albab, 6101408061 (2012) Upaya peningkatan mutu pembelajaran olahraga karate (Teknik Dasar) dengan permainan move colour pada siswa kelas VIII G SMP Negeri 1 Kota Semarang tahun ajaran 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Upaya peningkatan mutu pembelajaran olahraga karate (Teknik Dasar) dengan permainan move colour pada siswa kelas VIII G SMP Negeri 1 Kota Semarang tahun ajaran 2012/2013)
Download (390Kb)

    Abstract

    Latar belakang penelitian ini adalah proses pembelajaran penjas yang kurang maksimal. Rumusan Masalah pada penelitian ini adalah apakah penerapan permainan move colour dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran teknik dasar karate pada siswa kelas VIII G tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dengan permainan move colour dalam pembelajaran teknik dasar karate pada siswa kelas VIII G tahun ajaran 2012/2013. Metode penelitian ini adalah penelitian Arikunto, yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) pengamatan (4) refleksi. pembelajaran yang dihasilkan melalui revisi uji lapangan. subyeknya dalam penelitian ini kelas VIII G SMP N 1 Semarang yang berjumlah 33 siswa dan objek nya model pembelajaran olahraga karate (teknik dasar) siswa kelas VIII G SMP N 1 Semarang mengunakan permainan move colour. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini mengunakan metode tes praktek, lembar observasi dan kuesioner. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis secara deskriptif menggunakan rumus persentase. Hasil penilaian ini menunjukkan bahwa saat siklus I hasil prestasi belajar siswa melalui aspek psikomotor mencapai 71,97%, aspek afektif mencapai 72,73% dan aspek kognitif mencapai 72,73%. Hasil ini menunjukkan prestasi belajar siswa melalui smua aspek belum mencapai ketuntasan. Setelah dilakukan perubahan permainan pada siklus II hasil belajar siswa pada aspek psikomotor mencapai 90,77%, aspek afektif mencapai 89,77% dan aspek kognitif mencapai 90,61% pembahasan ini siklus I dan II mengalami peningkatan dari semua aspek dengan menggunakan permainan move colour. Dari data di atas dapat di simpulkan penerapan permainan move colour dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran teknik dasar karate di sekolah SMP N 1 Semarang sehingga dapat diajukan saran 1) Guru penjasorkes hendaknya mempertimbangkan untuk di gunakan karena permainan move colour terbukti mampu menigkatkan hasil belajar siswa, 2) Permaianan move colour juga bisa untuk pembelajaran olahraga beladiri yang lain, 3) Penerapan pembelajaran penjasorkes menggunakan pendekatan permainan move colour perlu dikembangkan lebih lanjut pada populasi yang lebih luas guna memperkuat efektifitas pembelajaran ini dalam meningkatkan hasil prestasi pembelajaran siswa, 4) Permaianan move colour bisa mempermudah siswa untuk melaksanakan teknik dasar karate.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Subjects: O Sport > Education, Training, Research
    Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
    Depositing User: yuniati perpus unnes
    Date Deposited: 07 May 2014 07:41
    Last Modified: 07 May 2014 07:41

    Actions (login required)

    View Item